by

Perdana, MBD Panen Raya Bawang

beritakotaambon.com – Untuk pertama kalinya, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melakukan panen raya bawang merah. Komoditi tersebut berhasil dikembangbiakan oleh tim Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Kecamatan Pulau Lakor, tepatnya di Desa Yamluli.

Panen raya ini, dipimpin langsung Wakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily bersama Ketua Tim PKK Kabupaten MBD, Rely Lobloby Noach, didampingi Sekda MBD, Alfonsius Siamiloy dan camat Pulau Lakor, Irfab Boby Alerbitu, pada Selasa, (7/9) kemarin.

Baca juga: Brimob MBD Patroli Tanggap Bencana

Lewat rilisnya kepada media ini, Kamis (9/9), Wakil Bupati MBD, Agustinus Kilikily mengatakan, produksi bawang merah tidak merata sepanjang tahun. Dimana produksi berkurang dimusim hujan, menyebabkan harga menjadi tinggi. Sebaliknya ketika pada musim kemarau produksinya berlebihan, sehingga harga jatuh di pasaran.

Dijelaskan, potensi dan kualitas bawang merah di Kabupaten MBD merupakan salah satu produk unggulan. Tetapi perlu diperhatikan perawatannya. “Jangan terlena dengan hasil yang tinggi, karena kedepannya harus mengatur jadwal tanam. Harus sesuai dengan petunjuk teknis dinas pertanian maupun penyuluh pertanian,” pesannya.

Kilikily juga mengajak, para petani menerapkan teknologi menanam bawang merah yang baik dan benar, agar potensi tersebut memiliki daya tahan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena potensi bawang merah di Pulau Lakor dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk merubah batu karang menjadi tanah yang gembur.

Di kesempatan yang sama, Pejabat Kepala Desa Yamluli, Otniel Maulias menjelaskan, bukan hal yang mudah untuk mengembangkan komoditi bawang di Lakor.

Baca juga: Sekolah di MBD Siapkan Siswa Ikut AKM

“Berbicara soal produk lokal bawang merah di daerah selain Lakor, itu tentu sangat mudah. Karena tinggal buat petakan diatas tanah gembur, kemudian menanam dengan melepaskan bibit bawang merah. Tetapi berbeda dengan kondisi tanah yang ada di Pulau Lakor, dimana struktur tanah yang ada tercampur dengan karang,” paparnya.

Ia berharap, komoditi bawang di Lakor dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat serta dapat membantu upaya pemerintah memajukan Kabupaten MBD dari sektor pertanian. (GEM)

Comment