by

Pergantian Sekkot Tunggu Walikota Selesai Isoman

beritakotaambon.com – Persiapan mencari calon pengganti Anthony Gustav Latuheru selaku Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon yang akan memasuki masa pensiun pada Desember 2021 mendatang, masih menunggu Walikota Ambon, Richard Louhenapessy selesai menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di kediamannya.

Diketahui, walikota dua periode ini masih menjalani Isoman, lantaran baru keluar dari tempat isolasi terpusat di RSUP, Dr J Leimena akibat terpapar Covid-19 beserta keluarganya beberapa waktu lalu.

Latuheru akan diganti, lantaran akan pensiun pada Desember 2021. Sehingga di September 2021 mendatang, Latuheru tidak lagi berkantor.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Halder mengaku, semua keputusan terkait proses pergantian Latuheru ada pada walikota sebagai pemangku kebijakan lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Kita akan bentuk segera panitia seleksi, setelah Pak Wali sembuh dari sakitnya,” ungkap Syarif, kepada wartawan, Kamis (19/8).

Baca juga: Listrik Pasar Apung Terkendala Aturan PLN

Politisi PPP ini menilai, proses awal untuk mencari calon Sekkot akan segera dilaksankan pada September 2021 mendatang.

“Paling lambat September 2021 akan datang, kita melakukan proses awal. Tapi semua akan dibentuk setelah Pak Walikota sudah kembali beraktivitas,” terangnya.

Disinggung terkait bakal calon Sekkot yang telah dipersiapkan Pemerintah Kota, menurut Syarif, siapapun bisa mengikuti seleksi tersebut. “Saya kira banyak. Ini kan dilelang secara terbuka. Di seluruh Indonesia berhak mengikuti, tidak tertutup kemungkinan dari daerah lain ya. Dari Sulawesi, dari Kalimantan, dari Jawa bisa saja,” kuncinya.

Diberitakan sebelumnya, Walikota Ambon membeberkan beberapa pejabat lingkup Pemerintah Kota Ambon telah memenuhi kriteria untuk menduduki jabatan Sekkot.

“Ada kepala Bappeda memenuhi persyaratan, assisten tiga memenuhi persyaratan, kadis sosial memenuhi persyaratan, kemudian staff ahli memenuhi persyaratan,” ucap Louhenapessy belum lama ini. (IAN)

Comment