by

Peringati Harganas ke-27 di Landono, Pemda Konsel Berikan Bantuan ke Masyarakat

Konawe Selatan, BKA- Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Upacara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVII, di halaman Kantor Camat Landono, Senin (29/6/2020).

Kegiatan ini merupakan kegiatan akbar perdana Pemda Konsel menuju New Normal, di mana Pemda Konsel mengangkat tema “Dengan Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju”,
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga selaku pemimpin upacara tersebut menyampaikan bahwa Harganas dapat memberikan semangat dan motivasi serta lebih meningkatkan peran keluarga mulai dari fungsi keagamaan, sosial, budaya, dan juga cinta kasih sayang.

Menurutnya, Keluarga adalah salah satu elemen penting di Masyarakat dan bahkan menjadi obyek dan subyek yang kemudian dapat menentukan arah bangsa, terlebih di situasi pandemi COVID-19 ini, kondisi psikologis keluarga menjadi salah satu faktor penting dalam mengatasi dinamika permasalahan yang terjadi.

Untuk itu menurut Surunuddin, disituasi pandemi ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat keluarga sehingga dengan ketahanan keluarga bisa terbebas dari Covid-19 ini.

“Situasi pandemi ini kita manfaatkan untuk memperkuat keluarga, karena dengan ketahanan keluarga kita bisa terbebas dari COVID-19 dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Khususnya bisa memberikan ruang dan peluang antar anggota keluarga agar lebih saling mengenal dan memahami satu sama lain,” ujar Surunuddin.

Dan terpenting, lanjut Surunuddin, dengan Keluarga Kuat, Konsel Bisa Lawan Pandemi Covid-19.

Kegiatan Harganas ini juga dihadiri Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, Sekda Konsel, Sarif Sajang, Ketua PKK Konsel, Nurlin Surunuddin, Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo S.IK, Kepala Badan Pertanahan Nasional Konsel, Ruslan Emba, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Kendari Muhyiddin dan sejumlah kepala OPD Konsel.

Menariknya, Usai Upacara Peringatan Harganas berlansung kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis berupa SK Bupati Konsel tentang pengangkatan pembantu pembina keluarga berencana desa dan sub pembantu pembina keluarga berencana desa, dan bantuan sembako dari BPJS Naker kepada Lanjut usia (Lansia) masyarakat kecamatan Landono.

Di samping itu, Pemda Konsel juga menyerahkan bantuan logistic Covid-19 (masker, hand sanitizer, handscoen, dan multivitamin).

Sementara itu, BPN Konsel juga tampak menyerahkan 518 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat setempat.

Sedangkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari, Muhyiddin langsung menyerahkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk Pegawai ASN Konsel melalui Jenderal ASN Konsel yakni Sjarif Sajang.

Sebagai informasi, peringatan Harganas memiliki kegiatan utama, yakni pelayanan sejuta akseptor yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Di wilayah Konsel sendiri ditargetkan pemasangan 1.643 akseptor KB. (INT)

Comment