by

Peringati HUT RI, Mahasiswa PSDKU Aru Tabur Bunga di Pantai

beritakotaambon.com – Laut Aru bukan hanya kaya akan hasil laut dan perikanan, tapi juga sejarah. Disana, Komodor Yos Sudarso gugur dalam tugas bersama KRI Macan Tutul pada 15 Januari 1962, setelah gigih melawan kapal perang Belanda.

Momen itu kembali dikenang. Mahasiswa Fakultas Hukum PSDKU Unpatti di Kabupaten Kepulauan Aru, melakukan tabur bunga di pantai, usai upacara peringatan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8).

Sekretaris Prodi Hukum PSDKU Aru, Johan P. E. Rumangun, mengatakan, ini merupakan peringatan HUT RI pertama yang digelar secara khusus di Fakultas Hukum PSDKU Aru.

Untuk itu, dia berharap, mahasiswa harus dapat mengambil hikmah dari peringatan HUT RI yang digelar dengan tema “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”.

Baca juga:
UKIM Lakukan PKK Maba Online

Dengan tema itu, diharapkan, pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terluar) di Indonesia, seperti di Kepulauan Aru, dapat tumbuh, tangguh, berkembang serta berkualitas, seperti daerah lain di Indonesia.

“Harapan kami, dengan semangat kemerdekaan RI ke-76, dibawa sorotan tema “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”, maka pendidikan di daerah 3T seperti Aru dapat diperhatikan dengan baik, sehingga setara dengan daerah-daerah lain di NKRI ini,” harapnya.

Untuk itu, katanya, momen peringatan HUT Kemerdekaan RI jangan dijadikan sebagai kegiatan seremonial semata, namun harus dimaknai oleh mahasiswa untuk memacu semangat untuk belajar.

Baca juga: Mahasiswa UKIM Ikut Kampus Mengajar

“Kepada mahasiswa Prodi Hukum PSDKU Aru, saya mau bilang, jangan hanya perayaan HUT hari ini dijadikan kegiatan seremonial biasa, tetapi ambil hikmahnya. Ya, kalau SDM kita mau setara dengan daerah lain, maka jadikan tema HUT kemerdekaan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan SDM di Kepulauan Aru tercinta,” pungkas Rumangun. (WAL)

Comment