by

Peringati HUT RI, Pemda Aru Tabur Bunga di Laut Arafura

beritakotaambon.com – Memperingati HUT Ke-76 RI, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru menggelar tabur bunga di Laut Arafura, Selasa (17/8).

Tabur bunga itu dilakukan usai upacara HUT RI yang digelar di halaman Kantor Bupati Kepulauan Aru, yang dipimpin oleh Bupati Johan Gonga selaku Inspektur Upacara dan KBO Reskrim Polres Kepulauan Aru, Ipda Arie Satria Putera, selaku Komdandan Upacara. Sedangkan teks proklamasi dibaca oleh Ketua DPRD Kepulaun Aru, Udin Belsigaway.

Hadir dalam upacara HUT RI tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, Sekda Kepulauan Aru Moh. Djumpa, serta tamu undangan.

Baca juga: Jangan Percaya Hoaks Vaksin Covid-19

Usai upacara, Bupati bersama Forkopimda diarak menuju Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, guna melakukan upacara tabur bunga sebagai penghormatan kepada Komodor KRI Macam Tutul, Yos Sudarso, yang wafat di Laut Arafura pada 15 Januari 1962, saat bertempur melawan penjajah (Belanda).

Menurut Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, prosesi tabur bunga tersebut sudah menjadi tradisi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru usai memperingati HUT RI, sebagai bentuk penghormatan kepada jasa pahlawan.

Baca juga: Lanal Aru-Dinkes Gelar Vaksin Massal

“Tabur bunga di Laut Arafura ini sudah jadi tradisi. Kita punya laut selain kaya akan hasil laut, kita juga punya laut menyimpan sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI. Jadi wajar kalau setiap hari besar kenegaraan, kita lakukan penaburan bunga di laut sebagai bentuk penghormatan kepada Komodor Yos Sudarso, yang gugur bersama KRI Macan Tutul saat berperang melawan Belanda,” ungkapnya.(WAL)

Comment