by

Perjuangan Benhur Terjawab Hari Ini

Ambon, BKA- Setelah berproses dan memiliki kekuatan hukum tetap, perjuangan Benhur Watubun akhirnya terjawab. Politisi PDI Perjuangan Maluku ini, direncanakan dilantik hari ini sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku periode 2019-2024.

Prosesi pelantikan diagendakan secara virtual lewat rapat paripurna Pengucapan Sumpah/Janji yang akan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Maluku, Bodewyn Wattimena mengaku, agenda pelantikan Benhur sebagai wakil rakyat di tingkat provinsi telah ditetapkan hari ini. Bahkan telah dibahas lewat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Maluku.

Dikatakan, Benhur dilantik untuk mengisi jatah kursi PDIP yang kosong. Dan prosesi pelantikan sesuai Surat Keputusan (SK) Mendagri, Tito Karnavian yang telah diterima Biro Pemerintahan untuk selanjutnya diserahkan ke DPRD Maluku.

“Setelah kita menerima SK Mendagri, anggota DPRD atas nama Benhur Watubun, maka sesuai hasil koordinasi kami, baik pimpinan dewan, anggota DPRD lewat rapat Bamus tadi (kemarin), kita putuskan untuk besok (hari ini) pukul 11.00 akan dilakukan proses sumpah jabatan anggota DPRD Provinsi Maluku priode 2019-2024,” ungkap Wattimena, kepada awak media di gedung DPRD Maluku, Karpan, Senin (24/8).

Menurutnya, sesuai PP 12 tahun 2018 pada pasal 28 ayat 7 tentang pedoman penyusunan tata tertib (Tatib) DPRD, maka pengucapan sumpah jabatan anggota DPRD yang berhalangan diawal masa periodisasi, nantinya akan dipandu oleh pimpinan DPRD.

“Kami juga telah berkonsultasi dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah lewat Kasubdit Fasilitasi Kepala Daerah dengan DPRD. Semuanya mengacu kepada aturan dimaksud. Jadi karena itu besok (hari ini) yang memandu pengucapan sumpah jabatan pak Benhur adalah Ketua DPRD,” sebutnya.

Paripurna pengucapan sumpah janji, lanjut dia, akan dilakukan secara virtual. Khusus anggota yang dilantik, pimpinan serta anggota DPRD lainnya, maupun tamu undangan akan tetap berada dalam satu ruangan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail nantinya akan menyampaikan sambutan lewat virtual.

“Yah SK Mendagri sudah ada ditangan saya, tapi etosnya akan dibaca lewat pelantikan nanti,” pungkasnya. (RHM)

Comment