by

Perkuat Kapasitas, Petugas Damkar Ikut Bimtek

beritakotaambon.com – Sebanyak 30 petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari 11 kabupaten/kota di Maluku, mengikuti bimbingan teknis (bimtek), terkait penguatan kapasitas SDM Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Selasa (14/9).

Bimtek ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Maluku No. 10/KPTS/V/2021 tanggal 17 Mei 2021, tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Bimbingan Teknis Pemadam Kebakaran.

Bimtek yang juga untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban umum ini, berlangsung hingga hari ini di gedung PKK Maluku dan Satuan Kantor Satpol PP Maluku.

Plh Sekda Maluku, Sadli Ie mengatakan, Bimtek Pemadam Kebakaran terkait Pencegahan, penanggulangan, penyelamatan kebakaran, dan non kebakaran Provinsi dan Kabupaten Kota ini dimaksud untuk penguatan kapasitas sumber daya aparatur pemadam kebakaran di Maluku. “Ini dimaksudkan untuk penguatan kapasitas SDM aparatur pemadam kebakaran,” sebutnya.

Dijelaskan, pelatihan ini baik sekali agar pemadam kebakaran di latih mentalnya, agar bisa cepat tanggap saat di beri tugas mendadak. “Kegiatan seperti ini baik juga untuk melatih cepat tanggap pemadam dalam melakukan tugas apalagi di saat mendadak,” tuturnya.

Baca juga: Lapas-Rutan Kembali Terima Inventaris dari Ditjenpas

Sadli berharap, kegiatan ini mampu menguatkan SDM, agar aksi cepat tanggap saat terjadi bencana berupa kebakaran dan non kebakaran mampu diatasi dengan cepat dan tepat. “Saya berharap hal ini mampu menguatkan lagi skill para pemadam,” tutupnya. (MG-2)

Comment