by

Perkuat SDM, AMGPM Cabang Petra Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Ambon, BKA- Guna meningkatkan kualitas, kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Kota Ambon (Dakota) Cabang Petra menggelar pelatihan kewirausahan.


Pelatihan yang ditujukan bagi para kader AMGPM Dakota Cabang Petra ini, berlangsung di Gedung Gereja Petra, Sabtu (24/10).

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan materi dari Penyuluh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku, Anna Pello, tentang membangun paradigma wirausaha tahun 2020.

Pada saat menyampaikan materi, seluruh peserta yang berasal dari 11 ranting se-Cabang Petra itu, diajak untuk memahami secara teori, pentingnya kewirausahaan bagi pemuda di era 4.0 ini. Maka dari itu, Pello menegaskan pemuda yang adalah tulang punggung bangsa, harus terus mampu memberikan harapan baru, lewat kemampuan yang dimiliki.

‚ÄúSemangat pemuda ini harus terus digerakkan secara cepat dan masif untuk mempercepat pembangunan SDM unggul demi pengembangan ekonomi pemuda. Sebagai generasi penerus gereja, masyarakat bangsa dan negara masyarakat,” ujarnya.

Untuk menciptakan entrepreneur muda masa depan, lanjut dia, pemuda harus mampu meningkatkan ekonomi sebagai agen perubahan dan penggerak ekonomi masyarakat. Agar dapat bisa bersaing dengan dunia global.

“Dari sekian banyak syarat menjadi wirausaha, saya hanya ingin harapkan, ada kemauan, komitmen, sabar, serta terus fokus atas agar tercapai apa yang kita harapkan. Lewat kreativitas, inovasi, saya yakin, kalian akan menjadi pemuda yang mandiri dan bertanggung jawab. Bukan saja untuk diri sendiri, tapi juga untuk kepentingan banyak orang,” harap Pello.

Seusai menerima materi, para peserta kemudian diberikan kesempatan untuk membuat kerajinan dari bambu dan tempurung. Hal ini dilatih langsung oleh seksi jaringan industri dan kerajinan Disperindag Maluku, Markus Nifu.

Sementara itu, Ketua Bidang Finansial dan Ekonomi Cabang Petra, Frangky Pariama, berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, pemuda gereja akan diperkuat kapasitasnya untuk menggali kemampuan dalam diri. Bahwa, untuk menjadi seorang wirausaha, butuh jiwa yang komitmen serta kerja keras.

“Kegiatan ini tidak sampai disini saja, kita akan terus fokus untuk menggali kemampuan yang ada agar bisa diberdayakan. Puji Tuhan, walaupun dengan keterbatasan, kita sudah memulai. Semoga kedepan, akan melahirkan wirausaha-wirausaha yang baru,” harapnya. (LAM)

Comment