by

Perlu Solus Atasi Kejenuhan Siswa BDR

Ambon, BKA- Kondisi siswa saat ini sudah semakin jenuh dengan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR). Sehingga diperlukan solusi yang tepat, untuk mengatasi kejenuhan siswa.

“Itu penting untuk diperhatikan, karena akan sangat berdampak besar bagi proses belajar yang dilakukan saat ini. Artinya, kalau tidak belajar tatap muka, ada solusi lain yang bisa digunakan untuk atasi kejenuhan anak-anak ini,” terang Kepala SD B2 Urimessing, Elmira Silooy, Selasa (8/12).

Memang, lanjutnya, pihak sekolah selalu berupaya untuk memberikan motivasi bagi siswa agar tetap semangat belajar di rumah. Tapi hal itu saja dirasa tidak cukup. Perlu ada solusi lain dari pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon, untuk membantu pihak sekolah.

“Memang tidak ada cara lain selain tetap PJJ, karena sekarang kita masih dibatasi untuk belajar tatap muka. Untuk melihat hal itu, tentu kita guru, tidak mungkin tinggal diam melihat anak-anak didik kesulitan dalam belajar. Jadi selalu ada pendampingan di rumah untuk berikan penjelasan serta memotivasi mereka, untuk tetap BDR. Dengan apa yang kita lakukan itu, memang tidak bisa kembalikan semangat mereka. Tapi, sesungguhnya kita harapkan dapat membantu mereka untuk tetap memiliki kemauan untuk BDR, agar mereka tidak ketinggal dalam belajar,” tutur Silooy

Untuk itu, dia berharap, orangtua terus mendukung sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di kondisi pandemi Covid-19 ini, dengan tetap bersabar mendampingi siswa untuk belajar di rumah.

“Kita berdoa, semoga kita secapatnya buka sekolah lagi. Kasihan, baik anak-anak, guru dan orangtua juga mulai jenuh, karena BDR sudah begitu lama,” pungkasnya. (LAM)

Comment