by

Perluasan Informasi Butuh Peran Semua Pihak

Ambon, BKA- Ketua Komisi I DPRD Maluku, Amir Rumra menegaskan, perluasan akses informasi publik lewat jaringan pelanggang TV kabel, butuh peran semua pihak, terlebih khusus pihak PLN. Hal ini setelah dilakukan kunjungan pengawasan pengawasan.

“Kemarin Komisi I itu melakukan kunjungan pengawasan di salah satu pengusaha TV kabel, Wali TV. Karena mereka salah satu yang dapat membeikan informasi. Sebab kalau mengacu pada pasal 28 UU 1945 tentang kewajiban masyarakat harus mendapat informasi publik, baik itu radio dan TV, dalam kunjungan disitu kita mendapat persoalan dihadapi yang menyangkut dengan tiang listrik yang belum konek dengan pihak PLN, untuk dapat izin membentang jaringan TV kabel pada tiang PLN.”ungkap Rumra kepada awak media, Rabu (3/3).

Kedepan, lanjut Rumra, rencanya DPRD akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk bagaimana mendapat izin, agar pihak pengusaha TV kabel dapat memperluas aksesnya yang tersebar disejumlah desa di Kabupaten Buru.

Sebab, kehadiran pihak swasta dalam pengelolaan TV kabel dapat membantu masyarakat dalam mendapat informasi publik lewat program chanel acara yang ditayangkan perusahan TV swasta. Karena akses jaringan TVRI jangkauannya sangat terbatas secara keseluruhan.

“TVRI Maluku ini kan jangkaunnya masih terbatas, hanya seputar Kota Ambon. Sehingga kita harapkan dengan kehadiran TV kabel dapat peran penting. Apalagi saat ini sudah masuk era digital, sehingga menyangkut dengan persoalan televisi ini juga menyangkut dengan koneksitas internet yang harus didukung tower. Juga termasuk penerangan PLN. Sebab jika tidak ada penerangan juga percuma. Sehingga akan dapat mengganggu semua persoalan yang membutuhkan daya listrik,” tandasnya. (RHM)

Comment