by

Persiapan MTQ XXIX Tingkat Promal Capai 75 Persen

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, untuk menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Talawatil Quran (MTQ) Ke-XXIX Tingkat Provinsi Maluku, yang akan dihelat di kabupaten itu, Oktober 2021 mendatang.

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, mengungkapkan, khusus untuk persiapan infrastruktur penunjang pelaksanaan MTQ, progresnya telah mencapai 75 persen.

Memang, katanya, agenda MTQ mendatang menjadi salah satu agenda prioritas Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), baik pemerintah kabupaten maupun masyarakat. Sehingga semua mendukung pelaksanaan dan kesuksesan agenda tersebut.

“Proses pembangunan mengalami progres itu, karena atas dukungan dari semua pihak yang ada di KKT dalam menunjang jalannya MTQ nanti,” terang Fatlolon.

Selain itu, lanjutnya, progres yang diperoleh dalam persiapan infrastruktur pelaksanaan MTQ juga diperoleh atas dukungan Pemerintah Provinsi Maluku.

Fatlolon menjelaskan, untuk infrastruktur panggung yang dibangun oleh Pemkab Kepulauan Tanimbar kini sudah mencakup 75 persen. Untuk podium utama dan VIP, 60 persen yang dikerjakan oleh Balai Cipta Karya. “Melalui rapat kordinasi antara Balai dan SKPD terkait, sudah ada kesepakatan untuk percepatan penyelesaian proses pembangunan fasilitas. Akhir Juni dan awal Agustus, sudah selesai,” katanya.

Sedangkan untuk proses mobilisiasi peserta MTQ XXIX yang dipusatkan di Kota Ambon, Pemkab kepulauan Tanimbar telah berkoordinasi dengan Wings Air agar menambah volume penerbnagan.

“Untuk kafilah-kafilah dalam akomodasinya untuk pelaksanaan lomba, kami telah berkoordinasi dengan LPTQ Provinsi Maluku,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Maluku juga memberikan dana untuk menujang proses jalannya MTQ serta membantu proses penyelesaian persiapan Masjid Raya Al-Nur Saumlaki.

“Besar harapan kami, sekirannya semua persiapan berjalan lancar dan tepat pada waktunya, dalam menyukseskan MTQ Tingkat Provinsi Maluku di bulan Oktober nanti,” pungkas Fatlolon. (BTA)

Comment