by

Pertanian Target Utama Pemulihan Ekonomi Warga

Ambon, BKA- Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, menjadikan bidang pertanian sebagai target utama dalam pemulihan ekonomi warga ditahun 2021 mendatang. sebagaimana yang sudah tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa 2021.

“Permendesa PDTT 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 menyebutkan, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” terang Yondry Kappuw selaku Kepala Desa Hunuth.

Ia juga menjelaskan SDGs desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan dana desa 2021.

“Program 2020 yang tidak jalan atau yang jalan namun belum selesai karena keterbatasan anggaran akan kita lanjutkan di tahun 2021,” jelasnya.

Dibutuhkan partisipasi serta peranan penting dari masyarakat. Kata dia, yang akan melakukan pembangunan nanti ialah masyarakat yang diberdayakan, serta pembangunan yang dilakukan tujuannya untuk melengkapi fasilitas warga. (MG-2)

Comment