by

Perum Bulog Pastikan Stok Beras 5 Bulan ke Depan Aman

Ditengah masa pandemi virus corona atau Covid-19, tentu setiap pemerintah daerah memberikan prioritas terhadap pemenuhan kebutuhan domestik, terutama kebutuhan pangan.

Terkai itu, Perum Bulog Divre Maluku memastikan pasokan beras Maluku dalam kondisi aman, untuk lima bulan kedepan.

Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Maluku, Hamdani Malawat, mengungkapkan, sejak awal 2021, Bulog telah melakukan penyerapan beras. Sehingga selama kurun waktu lima bulan kedepan, masyarakat tidak perlu kahawatir.

“Stok beras untuk Maluku saat ini masih berkisar 10.695 Ton, dan telah tersimpan rapi di gudang-gudang milik Bulog Maluku, seperti, di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Tual. Dengan jumlah tersebut, maka dapat dipastikan pemenuhan beras bagi Maluku cukup terpenuhi,” jelasnya, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/2).

Di tengah masa pandemi Covid -19, tentu masyarakat mengalami kesulitan dalam perekenomian. Sehingga beras Bulog merupakan pilihan tepat, karena harganya masih sangat terjangkau, yaitu, Rp 10.000 per kilo gram.

Selain harga terjangkau, katanya, kulaitas beras Bulog juga sangat baik bagi kesehatan masyarakat. Karena setiap bulirnya memiliki kadar air yang rendah, sehingga kandungan gula sangat sedikit.

Malawat menjelaskan, sistem yang ada di Bulog terbagi atas dua bagian, yakni, daerah yang cukup penghasilan dan daerah yang minus.

Untuk Maluku, masuk daerah yang minus. Sehingga jika terjadi kekurangan, maka daerah yang cukup penghasilan, seperti, Makassar dan Jawa Timur siap untuk mensuplai sesuai permintaan.

“Kalau sampai Bulog Maluku terjadi kekurangan stok, maka kita siap pengadaan dari Makassar atau Jawa Timur. Sebab stok beras harus ada di gudang sebagai persediaan, karena selain pengadaan dari Jawa Timur dan Makassar, Bulog Maluku sekarang ini juga melakukan pembelian beras lokal asal Kabupaten Pulau Buru. Proses ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun,” katanya.

Selain ketersediaan beras yang cukup, kata Malawat, Perum Bulog Drive Ambon juga memastikan stok gula dalam kondisi Aman dan terkendali. Stok yang tersedia saat ini sebanyak 297 Ton. Tersimpan pda dua wilayah, yakni, 210 Ton di Kota Ambon dan 87 Ton di Kota Tual.

Selain memastikan stok beras dan gula aman dan terkedali di gudang, lanjutnya, Bulog Maluku juga selalu melakukan operasi pasar, guna memastikan harga jual sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

“Kita juga selalu rutin melakukan operasi pasar untuk memantau harga jual pangan di pasar, sehingga para pedagang tidak memanfaatkan situasi untuk menaikan harga, atau bahkan menimbun beras secara ilegal. Bahkan operasi pasar ini pun turut melibatkan pihak keamanan, dalam hal ini Polda Maluku. Sehingga ketika dalam operasi tersebut terdapat pelanggaran yang dilakukan pedagang, maka akan langsung ditindak tegas oleh pihak keamanan,” katanya.(BKA-4)

Comment