by

Petugas dan Anak LPKA Ambon Dites Urine

beritakotaambon.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, melaksanakan tes urine bagi petugas dan Anak LPKA Ambon. Tes urin itu dipusatkan di Poliklinik LPKA Ambon, yang diikuti 54 petugas dan 14 Anak, sebagai upaya melakukan pencegahan dan pemberatasan penyalagunaan narkoba.

Lewat rilisnya kepada media ini, Kamis (26/8), Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly menjelaskan, pelaksanaan tes urin tersebut secara mendadak dilakukan sebagai wujud nyata LPKA Ambon, pada Rabu (25/8) kemarin.

Yakni dilakukan untuk menciptakan petugas dan lingkungan kerja yang terbebas dari penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba. Menurutnya, keberhasilan pemberantasan narkoba berasal dari integrasi semua penegak hukum, termasuk petugas LPKA Ambon.

“Saya berharap seluruh petugas dan Anak LPKA Ambon terbebas dari ancaman narkoba. Jika ada petugas atau anak yang positif menggunakan narkoba, kami akan menindak tegas sesuai prosedur hukum yang berlaku,” tegas Catherian.

Baca juga: Kamar Napi Narkotika Rutan Masohi Digeledah

Hal senada disampaikan Kepala Sebseksi Keperawatan, Salmon Mahulette. Menurutnya, tes urine yang dilakukan merupakan agenda rutinitas yang dilakukan LPKA Ambon. “Tes urine merupakan rutinitas yang dilaksanakan, guna mencegah dan pemberantasan penyalagunaan narkoba di LPKA Ambon,” jelasnya.

Dikatakan, dari total 54 petugas dan 14 Anak di LPKA Ambon, sebanyak 44 petugas dan 14 Anak telah dilakukan tes urine. Sisanya sebanyak 10 petugas yang belum melakukan tes dengan keterangan lima orang lepas piket, dua orang cuti, dan tiga orang sakit.

“Dari 68 sampel urine yang telah terkumpul dan dilakukan analisa oleh petugas keperawatan, hasil seluruhnya negatif narkoba, baik petugas maupun Anak. Selanjutnya, 10 petugas yang belum melakukan tes urin telah diperintahkan untuk melakukan tes urine pekan depan,” tutupnya. (UPE)

Baca juga: Petugas Bapas Ambon Lulusan Terbaik Pelatihan PK

Comment