by

Petugas dan WBP Lapas Namlea Tes Urine

beritakotaambon.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea, gelar tes urine bagi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (27/10).

Giat yang dipusatkan di aula Lapas Namlea ini, turut menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Buru.

Baca juga: Lapas Namlea Survei Bantuan Hukum Bagi WBP

Secara bergiliran, petugas dan WBP mengisi absensi tes urine yang sudah disediakan dan dilakukan pemeriksaan menggunakan alat skrining urine.

Alat ini dapat mendeteksi narkotika dan psikotropika jenis Methamphetamine, Methylenedioxy-Methamphetamine, Marijuana, Morphine, Methadone, dan Benzodiazepine.

Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Ilham menyebutkan, hasil tes tersebut baik dari petugas maupun WBP, sebanyak 31 petugas setelah dites menunjukkan hasil negatif. Sementara 25 WBP perwakilan dari masing-masing blok yang melaksanakan tes, juga menunjukkan hasil negatif.

“Betapa sensitif dan berbahayanya narkoba, termasuk di Lapas. Saya ingatkan sekali lagi, jangan sampai ada yang kedapatan menyimpan dan menggunakan narkoba. Jika ada, kalian akan menanggung resikonya,” tegas Ilham.

Baca juga: Timnas Belanda Akan Berkunjung ke Ambon

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat mewujudkan Lapas Namlea zero handphone, pungutan liar, dan narkoba. “Kami berupaya memerangi narkoba. Terlebih dahulu harus petugasnya yang bersih agar kami dapat memberikan contoh baik dan melaksanakan pembinaan terhadap WBP dengan optimal,” kuncinya. (UPE)

Comment