by

Piala AFF 2020 Diundur Menjadi Desember 2021

Piala AFF 2020 dipastikan akan mundur dari jadwal semula November 2020, diubah menjadi Desember 2021. Keputusan tersebut disampaikan Federasi Sepak Bola ASEAN ( AFF ) dalam release yang diterima, SINDO Media, Senin (7/12). Dalam keterangannya, AFF menyebut keputusan itu mencerminkan bentuk kepedulian AFF yang lebih memprioritaskan kesehatan dan keselamatan banyak orang.
Selain alasan keselamatan, dalam release itu disampaiikan, penundaan dilakukan untuk memberikan kepastian lebih besar kepada semua pemangku kepentingan turnamen, termasuk Asosiasi Anggota AFF, tim, pemain dan ofisial, mitra komersial dan penggemar. “Seperti biasa, prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait dengan acara tersebut,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, Senin (7/12).
Selanjutnya, AFF menurut Sameth akan terus memantau perkembangan Covid-19, baik di dalam ASEAN maupun di seluruh dunia secara terus menerus. “Meskipun ada hasil yang menggembirakan dalam pengembangan vaksin, kami menyadari proses persetujuan vaksin, serta kepraktisan distribusi dan implementasi program vaksin di seluruh dunia termasuk ASEAN akan memakan waktu,” tambahnya.
Shameth menambahkan, kepastian penting diberikan karena banyak stake holder terlibat dalam Piala AFFsehingga butuh keputusan cepat agar semua pihak bisa melakukan langkah tepat untuk mengambil keputusan. “AFF percaya dalam mengambil pendekatan pragmatis dan membuat keputusan yang dipertimbangkan lebih awal akan memungkinkan para pemangku kepentingan dalam acara tersebut memiliki cukup pemberitahuan untuk mengatur kembali kegiatan mereka – dan agar perencanaan akhir tahun dapat difokuskan di sekitar Piala Suzuki AFF sebagai kesempatan besar untuk sepak bola di wilayah seperti biasanya, ” tambah Sameth.
Dia menambahkan, melihat padatnya jadwal sepak bola untuk tahun 2021, baik internasional maupun domestik yang telah diselenggarakan sejak 2020, juga menjadikan penyelenggaraan turnamen pada Desember dianggap AFF sebagai waktu ideal. “Tanggal baru, mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022, akan memberikan kesempatan terbaik untuk turnamen yang akan menggunakan format kompetisi penuh dengan pertandingan kandang dan tandang di babak grup dan sistem gugur, dan dengan stadion yang dipenuhi dengan penggemar untuk mendorong dan merayakan tim mereka,” tandasnya.
(INT)

Comment