by

Pilkada MBD Dipantau DPRD Maluku

Ambon, BKA- Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut, selaku Koordinator Komisi I yang membidangi masalah hukum dan politik, telah melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, terkhusus di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).


“KPU Kabupaten MBD siap untuk menggelar Pilkada serentak 2020, karena seluruh tahapan sudah berjalan sesuai dengan apa yang dijadwalkan,” tutur Sairdekut, kepada wartawan di Ambon, Senin (30/11)

Menurut dia, setelah Komisi I membagi tim dan melakukan kunjungan ke Kabupaten MBD beberapa waktu lalu, turut melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) dan KPU setempat. Dan telah dipastikan seluruh kesiapan sampai dengan kemarin, sesuai dengan apa yang telah dijadwalkan dan masih berlangsung tahapan kampanye. Namun mulai awal pekan pertama Desember 2020 sudah memasuki masa tenang.

“Yang menjadi masalah saat ini adalah KPU Pusat telah mengeluarkan Peraturan KPU yang baru sejak beberapa hari lalu. Yang memungkinkan KPU kabupaten kota harus melakukan konsultasi ulang,” bebernya Melkianus.
Dikatakan, seluruh pembiayaan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang telah ditandatangani, sudah digunakan sebagaimana mestinya.

“Tinggal menunggu waktu pencoblosannya saja dan saya tegaskan bahwa KPU MBD telah siap melaksanakan tugas-tugasnya untuk menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020,” tegas dia.

Sekedar tahu, Empat kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 yakni kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru, Buru Selatan (Bursel) dan MBD. Dimana dari total 45 anggota DPRD Maluku, telah dibagi untuk melakukan fungsi pengawasan dalam memantau penyelenggaran Pilkada serentak 2020. (RHM)

Comment