by

Pilkada SBT dan Bursel Tinggal Pelaksanaan

Ambon, BKA- Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Hata Hehanussa, mengungkapkan, persiapan KPU terhadap pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan (Bursel), sudah cukup bagus. Hanya menunggu waktu pelaksanaan saja.

Dari sisi pengawasan DPRD Provinsi Maluku, Hatta melihat, semua pentahapan sudah disiapkan KPU dalam menyukseskan Pilkada, baik pada tingkat kecamatan, desa dan dusun.

Sebab semua persiapan, baik proses kampanye hingga pendistribusian logistik Pilkada, sudah berjalan dengan baik.

“Kalau saya kemarin, mendapat tugas pengawasan Pilkada di SBT dan Bursel. Jika dilihat dari kondisi persiapan KPU, sudah cukup bagus. Tinggal waktu pelaksanaanya saja,” terang politisi Partai Gerindra tersebut via selulernya, Rabu (25/11).

Saat ini, lanjutnya, tingkat kerawanan Pilkada yang dia khawatirkan bukan saja masalah keamanan, tapi juga kerawanan pada subtansi protokol kesehatan.

Akan tetapi, dia percaya tingkat kesadaran masyarakat pada proses Pilkada sudah cukup tinggi. Kalau pun ada insiden yang terjadi terhadap kepuasan hasil Pilkada, itu merupakan hal biasa dalam berdemokrasi.

“Dari beberapa pentahapan yang dilaksanakan KPU, sejauh ini belum ada benturan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Itu karena tingkat kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi. Karena masyarakat sudah melihat Pilkada ini sebagai sebuah pesta demokrasi. Kalau pun nanti ada hal-hal yang sedikit bertabrakan, saya pikir itu suatu dinamika dari fanatik maupun pemahaman dari masyarakat,” pungkasnya.(RHM)

Comment