by

PJJ Berdampak Bagi Perkembangan Anak SLB

Ambon, BKA- Kepala SLB Batumerah, Fadil Tarifmako, mengungkapkan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan selama pandemi Covid-19, turut mempengaruhi perkembangan belajar anak. Khusus mereka yang bersekolah di SLB yang dipimpinnya.

Menurutnya, anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dengan anak pada umumnya, atau siswa pada sekolah reguler. Sehingga pembelajaran tidak bisa hanya dilakukan lewat pembelajaran Daring atau Luring.

Sekalipun, pemerintah menyederhanakan kurikulum, pihaknya tetap mengalami kesulitan dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Sebab proses pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

“Sesuai dengan petunjuk dari Kemendikbud, memang SLB sudah gunakan kurikulum darurat. Namun tidak serta merta kita pakai dalam proses belajar Daring atau Luring. Karena harus mengikuti perkembangan maupun hambatan anak-anak selama belajar di rumah. Misalnya, yang tuna netra punya hambatan seperti apa, harus mencari pola belajar yang sesuai. Begitu juga dengan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya. Nah, soal pola belajar tersebut, tidak mungkin langsung kita serahkan orangtua lewat Luring atau Daring, tanpa edukasi atau bimbingan kepada mereka. Jadi sebenarnya, kita juga kesulitan untuk mencarikan pola yang tepat bagi anak-anak ditengah kondisi seperti ini,” ungkap Tarifmako, Kamis, (14/1).

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak tersebut di masa pandemi Covid-19.

Dia mengaku, selama PJJ, orangtua sangat berperan penting dalam membantu guru mendampingin anak belajar di rumah. Dengan demikian, untuk semester genap ini, pihaknya melakukan pendampingan atau bimbingan kepada orangtua. Disamping guru melakukan kunjungan belajar rumah.

“Anak-anak berkebutuhan khusus ini kan, tetap perlu bimbingan yang matang. Sehingga kebijakan-kebijakan diambil. Selain edukasi orangtua, tapi juga ada beberapa guru melakukan kunjungan rumah menggunakan protokol kesehatan. Mereka ke rumah siswa untuk melihat lebih jauh, bagaimana perkembangan siswa,” pungkasnya.(LAM)

Comment