by

PJJ Diupayakan Tetap Efektif

AMBON-BKA, Pihak sekolah terus berupaya, agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa tetap efektif bagi siswa.

Kepala SD Negeri 71 Ambon, Helna Molle, mengatakan, untuk bisa menarik minat siswa mengikuti PJJ secara Daring, maka guru menggunakan alat peraga dan powerpoint saat mengajar. Selain itu, waktu belajar dipersingkat.

Baca: Daring Dinilai Tidak Efektif Bagi SD

“Tahun sebelumnya, itu banyak keluhan orangtua mengenai Daring. Jadi kami sempat lakukan kunjungan rumah di semester sebelumnya. Namun untuk tahun ajaran ini, kami harus Daring secara full. Kami upayakan agar siswa tidak bosan,” terang Molle, Senin (2/8).

Memang, akuinya, Daring tidak seefektif belajar tatap muka. Tapi untuk mengimbangi kekurangan Daring tersebut, peran orangtua sangat diharapkan, terutama untuk mengawasi anak saat belajar.

“PJJ ini sangat berdampak bagi anak. Contohnya, saat jam pembelajaran lewat zoom, anak bisa saja mematikan kamera dan tidak lagi perhatian pada guru. Anak yang seharusnya usia belum bisa pakai HP, terpaksa pakai HP untuk Daring. Apalagi kalau orangtua bekerja dan tidak mengawasi anak,” jelasnya.

Molle berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir, agar belajar tatap muka bisa segera dilakukan.

Baca juga: Daring Dinilai Tidak Efektif Bagi SD

Dia berharap, orangtua bisa terus memantau anak selama pembelajaran masih dilakukan secara Daring.

“Kami kesulitan memantau anak saat Daring, tapi kita tetap harus ikut anjuran pemerintah. Disamping itu, kami tetap melatih anak dengan tugas yang diberikan. Kami berharap, pandemi bisa segera berakhir, agar pemerintah bisa mengatur untuk sekolah berjalan lagi,” tutupnya.(BKA-1)

Comment