by

PJJ Harus Tetap Tumbuhkan Karakter

Ambon, BKA- Selain memastikan anak-anak tetap mengikuti proses pembelajaran lewat Daring dan Luring, pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan guna mencegah penyebaran virus covid-19 juga diharapkan tidak memutuskan proses pendidikan dan pembinaan karakter anak.

Kepala SD Negeri 86 Ambon, B. Bernard, mengatakan, meskipun proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, namun karakter anak harus tetap bertumbuh dengan baik.

Menurutnya, pembinaan karakter anak selama di rumah harus tetap menjadi perhatian sekolah dan orangtua. Pasalnya, penggunaan smartphone secara bebas dan tidak terkontrol bisa saja membawa dampak buruk bagi karakter anak.

“Mau PJJ sampai kapan pun, kita harus pastikan anak-anak tetap punya moral karakter yang baik. Itu harapan kita yang paling penting. Sebab kita tidak bisa paksakan mereka belajar sesuai tuntutan kurikulum, karena mereka belajar sendiri. Tapi dengan berbagai macam pengaruh perkembangan teknologi, kita sudah harus ingatkan dan membina mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Dengan bebasnya akses internet, mereka bisa saja menonton apa saja. Dan saya kira kalau itu tidak diperhatikan, maka akan sangat berdampak besar bagi mereka,” ungkap Bernard, Minggu (20/9).

Menumbuhkan karakter anak menjadi hal utama saat pandemi Covid-19 ini. Bukan berarti tidak terlalu fokus dengan ilmu pendidikan yang lain. Tapi pada situasi begini, pendampingan serta penguatan mental sangat penting untuk diberikan kepada siswa.

“Kalau setiap hari kita lebih banyak berikan materi, maka yang terjadi adalah kejenuhan. Sehingga pada kesempatan kunjungan belajar ke rumah siswa, kita manfaatkan waktu dengan baik. Selain memberikan materi, juga dilakukan pembinaan dan motivasi agar mereka tidak jenuh dengan situasi dan kondisi saat ini,” tandasnya. (LAM)

Comment