by

PJJ Perlu Berbagai Metode Pembelajaran

beritakotaambon.com – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tengah dilaksanakan saat ini, menuntut guru menyiapkan berbagai metode pembelajaran.

Kepala SD Kristen Nania, Marthin Pattinasarany, mengatakan, metode berperan penting dalam mendukung belajar Daring. Sehingga guru perlu menerapkan berbagai metode ajar.

“Kalau Daring seperti ini, yang penting itu bagaimana cara atau metode guru saat menjelaskan materi. Jadi kita itu bisa pakai alat peraga saat zoom. Atau juga dengan membagikan video pembelajaran,” terangnya.

Selain metode ajar, guru perlu memantau langsung perkembangan siswa di rumah atau melalui orangtua.

“Kalau Daring kelas I, itu guru biasanya arahkan cara menulis, membaca, dan berhitung. Tinggal bagaimana orangtua di rumah turut bantu mengarahkan siswa, saat Daring berlangsung,” jelasnya.

Pattinasarany menilai, pada masa PJJ ini, siswa juga bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana pelengkap pembelajaran. Meski demikian, tetap perlu pengawasan orangtua saat anak memakai HP.

“Anak sekarang itu ada yang sudah paham cara mencari materi pembelajaran dari internet. Sehingga bagaimana guru mengarahkan mereka, agar lebih memahami,” pungkasnya.(BKA-1)

Comment