by

PJJ SLB Nania Berjalan Lancar

Ambon, BKA- Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara Daring maupun Luring yang diterapkan Sekolah Luar Biasa (SLB) Nania, hingga kini berjalan lancar.

Memang ungkap Kepala SLB Nania, Endah Pertiwi, PJJ yang diterapkan di sekolah itu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

“Puji Tuhan, proses belajar secara Daring maupun Luring masih berjalan lancar,” ungkap Pertiwi, Selasa (3/11).

Memang, katanya, materi pembelajaran bagi siswa di sekolah berkebutuhan khusus ini, masih difokuskan pada pembelajaran bina diri.

Pada proses pembelajaran itu, siswa-siswa diberi ruang untuk mengerjakan apa saja, sesuai kemampuan masing-masing dengan tetap didampingi orangtua.

“Itu yang kita kasih pembelajaran bina diri, urus diri dengan beberapa ketrampilan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jadi proses belajar di SLB Nania berjalan seperti begitu. Kalau yang ada HP android, berarti bisa lewat video call. Kalau yang tidak ada, maka guru bisa telepon atau langsung mengantar kertas tugas, sekalian memberikan arahan kepada orangtua supaya mengawasi aktivitas mereka. Dan itu jadi penilaian dari proses belajar selama mereka di rumah,” tuturnya.

Dengan kondisi saat ini, lanjutnya, pihaknya tidak bisa memaksa anak-anak untuk belajar sesuai dengan kurikulum. Pasalnya, selain karena pandemi Covid-19, anak berkebutuhan khusus juga memiliki kemampuan yang berbeda.

“Namanya juga disabilitas. Jadi kegiatan di rumah yang paling utama itu melatih kemandirian. Mereka didampingi orangtua untuk melakukan kegiatan sehari-hari, disesuaikan dengan kemampuan mereka. Yang terpenting, mereka masih punya semangat untuk belajar di rumah. Kita berdoa, pandemi ini cepat selesai, agar kita bisa kembali belajar seperti biasa,” pungkasnya. (LAM)

Comment