by

PJJ Sulit Menjawab Kebutuhan Siswa

Ambon, BKA- Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan dengan cara Daring maupun Luring dinilai belum bisa menjawab kebutuhan siswa-siswi Belajar Dari Rumah (BDR), di tengah pandemi Covid-19.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala SD Inpres 28 Nania, Brodus Natro. Ia mengatakan, PJJ yang dilakukan hingga saat ini, sulit menjawab kebutuhan belajar siswa. Pasalnya, pembelajaran tidak berjalan efektif.

Menurutnya, PJJ yang dilakukan akibat pandemi Covid-19 ini, hanya sebagai pilihan alternatif, untuk mencegah adanya penyebaran virus di lingkungan sekolah. Untuk itu, kata dia, belajar tatap muka di sekolah tidak bisa dipaksakan menjawab kebutuhan akademik dalam kondisi seperti ini.

“Karena kurikulum kita itu, belajar tatap muka secara langsung, bukan jarak jauh. Ini hanya kondisi, sehingga proses PJJ ini dilakukan. Tapi kalau mau dibilang, yang bisa membuat siswa belajar efektif, hanya saat mereka belajar di sekolah. Jadi, memang sulit untuk menjawab apa yang kita harapkan,” ungkap Natro, Selasa (20/10).

Kata Natro, sebagian besar siswa yang dituntut untuk mengikuti PJJ secara Daring maupun Luring itu, memiliki keterbatasan yang tidak bisa dipaksakan untuk penuhi. Mengingat, wabah ini turut mempengaruhi tingkat perekonomian keluarga. Sehingga, baik guru, maupun pihak pemerintah harus bisa memahami hal tersebut.

“Kan, tidak mungkin kita paksakan orangtua untuk beli HP android, dengan kondisi begini. Ini yang harus diperhatikan juga. Bahwa PJJ ini hanya sebagai solusi, agar anak-anak bisa tetap belajar, meskipun di rumah. Bukan belajar seperti biasanya di sekolah, yang harus tuntas belajar,” papar Natro.

Ia menambahkan siswa akan belajar efektif, jika proses belajar sudah kembali seperti biasa di sekolah. Untuk itu, katanya, tidak ada cara lain, selain berdoa meminta wabah Covid-19 ini secepatnya berakhir.

“Karena PJJ kita boleh evaluasi, tapi tetap sama saja. Kendala kita di fasilitas. Dengan demikian, kita harus banyak berdoa. Berharap, virus ini selesai, supaya kita bisa belajar dengan efektif di sekolah,” pungkasnya. (LAM)

Comment