by

PKH Mangga Dua Terima Beras

Ambon, BKA- Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Kelurahan Mangga Dua menerima bantuan berupa beras dari dinas kementerian sosial RI. Sebanyak 30 orang yang akan menjadi penerima beras. Beras yang didapat yaitu untuk bulan agustus dan september, untuk sebulan menerima 15 kg beras. Lurah Mangga Dua mengakui bahwa pembagian akan berlangsung di kantor kelurahan mulai pukul sembilan pagi. Pengambilan akan dikawal oleh pendamping PKH Kelurahan Mangga Dua.

“Tadi baru saja masuk bantuan beras bagi PKH. Ada 60 karung beras setiap karung berisi 15 kg beras. Pengambilan dikantor kelurahan mulai pukul sembilan pagi hingga selesai. Kalau soal penerima saya hanya mengetahui bahwa ada 30 penerima. Kalau soal nama bukan saya yang mengetahui, untuk itu pengambilan besok akan dikawal oleh pendamping PKH. Warga yang ingin mengambil beras harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Serta membawa serta foto copy Kartu Keluarga (KK),” pungkas Hellen Ritiauw.

Pendamping PKH Cristy Siahaya mengakui bahwa beras ini merupakan kebijakan kemensos RI, adanya pandemi Covid-19 membuat kebijakan ini dibuat. PKH sendiri merupakan bantuan tunai bersyarat bagi keluarga miskin. Persyaratan menjadi anggota PKH yaitu keluarga memiliki anak sekolah mulai dari SD,SMP sampai SMA. Untuk data penerima dari pemerintah pusat yang menentukan setelah melewari pendataan bertahap didaerah. Per bulannya penerima menerima uang tunai melalui rekening yang telah dibuat. Setiap anak menerima jumlah uang sesuai tingkat pendidikannya. Selain itu juga ada bantuan bagi disabilitas, bayi dan ibu hamil.

“Beras ini merupakan kebijakan kemensos karena adanya pandemi. Anggota PKH itu ditentukan oleh pusat bukan dari daerah, itu bantuan tunai bersyarat. Perbulannya akan ada uang tunai yang dikirimkan ke rekening masing-masing. Jadi untuk setiap anak jumlah uang yang diterima berbeda. SD tujuh puluh lima ribu, SMP seratus dua puluh lima dan SMA seratus enam puluh enam ribu. Kalau balita dan ibu hamil dua ratus lima puluh ribu. Kalau dulu dapatnya pertiga bulan tapi sekarang setiap bulannya. Setiap tahunnya ada perubahan penerima tergantung kebijakan kemensos apabila ada data terbaru,” pungkas Cristy Siahaya pendamping PKH Kelurahan Mangga Dua. (MG-1)

Comment