by

PKK Door to Door Bagi Maker

Ambon, BKA- Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Maluku dan Kota Ambon berkolaborasi dalam aksi bagi-bagi masker secara gtatis di Kota Ambon, Senin (17/8).

Pembagian masker dilakukan secara door to door sesuai petunjuk Presiden RI, Joko Widodo.

Aksi tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -75 tahun.

Ketua PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail mengatakan, hingga saat ini masyarakat belum paham terkait pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pembagian masker dilakukan agar masyarakat lebih paham dan mau menggunakan masker demi memutus mata rantai Covid-19.

“Sesuai petunjuk Presiden RI, bahwa kita selaku tim penggerak PKK harus turun membagikan masker,” ungkap Widya yang didampingi Ketua PKK Kota Ambon Debby Louhenapessy beserta rombongan.

Selain pembagian masker, tutur Widya, rombongan PKK juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dimasa pandemi covid-19.

Menurut dia, masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa situasi dan kondsi kota Ambon saat ini mengharuskan semua orang untuk menjaga diri. Agar keluarga dan lingkungan juga tetap terjaga dari bahaya penularan virus corona.

“Beberapa kali kita temukan di lapangan, memang pemahaman masyarakat dilingkungan itu masih sedikit. Untuk itu, terutama bagi lingkungan yang padat penduduk harus disiplin memakai masker,” jelasnya.

Ia menambahkan, sosialisasi dan edukasi merupakan tanggungjawab bersama, baik PKK, pemerintah maupun masyarakat dan stakeholder lainnya. Dan apa yang dilakukan hari ini adalah bentuk tanggungjawab PKK terhadap masyarakat.

“Bukan cuma masker, tetapi protokol kesehatan lain juga perlu ditekankan, seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan lainnya. Sehingga ini bisa menjadi budaya bagi masyarakat kita,” tutup Widya. (UPE)

Comment