by

PKL Diminta Dukung Revitalisasi Pasar Mardika

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon meminta seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terkena dampak revitalisasi Pasar Mardika, agar mendukung pekerjaan revitalisasi tersebut menjadi pasar modern berlantai 4.

Sebab, apa yang dilakukan Pemkot Ambon untuk kebaikan bersama dan tidak ada maksud lain. Sehingga butuh dukungan dari para pedagang agar proses revitalisasi itu berjalan sesuai rencana. Karena sampai dengan kemarin, Pemerintah Kota Ambon lewat dinas terkait masih mencari soslusi terbaik bagi pedagang.

“Kita upayakan cari solusi terbaik, bagi para PKL yang terdampak proses revitalisasi Pasar Mardika,” terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat, kepada wartawan, Jumat (2/6).

Intinya, sambung dia, PKL harus mendukung proses itu demi terciptanya pasar tradisional yang berbasis modern seperti daerah-daerah lain di Indonesia.

“Intinya harus dukung program pemerintah, karena ini demi kebaikan bersama. Memang ada yang sudah menempati tempat relokasi sementara, namun masih juga ada yang belum, karena beberapa pertimbangan tertentu, ” sebutnya.

Dijelaskan, PKL yang terkena dampak revitalisasi mestinya menunjukkan sikap kooperatif. Pasalnya, jika pasar yang rencananya dibangun empat lantai itu, nantinya akan kembali menampung para pedagang dimaksud.

“Mereka yang terdampak ini, akan diambil datanya dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Agar supaya, jika pasar tersebut sudah jadi, PKL yang ada dalam data lah yang menempati lapak-lapaknya, ” jelas Slarmanat.

Menurut dia, proses revitalisasi yang telah masuk tahap lelang fisik, merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap komitmen Pemerintah Kota Ambon dalam membenahi pasar Mardika. (IAN)

Comment