by

PLN Kembali Bangun Dua ALMA

beritakotaambon.com – Setelah sebelumnya menyediakan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) MMU kembali membangun dua ALMA di Maluku. Yakni di Dermaga Ferry Galala, Ambon dan Pelabuhan Hunimua, Negeri Liang, Kabupaten Maluku Tengah.

Tujuan membangun ALMA, yakni mendukung program pembangunan ekonomi Maluku di sektor perikanan dan kelautan. Investasi pembangunan dua ALMA itu, menghabiskan biaya kurang lebih Rp 54,9 juta. Khusus ALMA di Galala, sudah dapat digunakan bagi pemilik kapal maupun untuk aktivitas di dermaga Ferry.

Baca juga: HUT RI, PKS Harus Lebih Berkarya

Manager PLN UP3 Ambon, Yusrizal menyebutkan, manfaat dari ALMA dapat membantu para pelaku usaha perikanan dan kelautan. Khususnya pemilik kapal/ferry dalam penghematan biaya operasional hingga 50 persen.

“Kalau kita bandingkan menggunakan mesin genset berbahan bakar solar, itu memakan biaya sekitar 643,2 ribu per hari. Tapi kalau menggunakan ALMA, bisa menghemat 50 persen,” sebut Yusrizal.

Dia berharap, dengan tersedianya ALMA dapat menunjang berbagai kegiatan ekonomi disektor perikanan dan kelautan di Maluku, khususnya Kota Ambon dan Malteng.

“Jadi dengan menggunakan energi ramah lingkunan, berbagai aktivitas di pelabuhan maupun dermaga dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dijelaskan, pembangunan ALMA merupakan bentuk konkret pelaksanaan program Electrifying Marine, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut. Guna memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, coldstorage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga, pelabuhan.

Baca juga: Tolak LIN, Yusuf Renang Tempuh Jarak 1.8 Km

Dimana, ALMA dibangun sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan handal. (RHM)

Comment