by

PLN Warning Warga Bahaya Kelistrikan

beritakotaambon.com – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, warning warga akan bahaya kelistrikan.

Himbauan itu dikeluarkan PLN UP3 Ambon, Mengingat kondisi cuaca ekstrim, yang melanda Kota Ambon dan sekitarnya, beberapa waktu belakangan ini.

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UIW MMU, Yusrizal, meminta warga untuk menjauhi tiang listrik dan pohon besar, ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Ditakutkan, akibat hujan lebat disertai angin kencang dapat menyebabkan pohon tumbang, menimpa tiang listrik sehingga ikut roboh.

Ditakutkan, kata Yusrizal, saat kejadian itu ada warga yang berada di bawah tiang listrik. Tentu itu sangat berbahaya, dapat mengancam keselamatan warga tersebut.

Baca juga: Pemkot Segera Aktifkan Belajar Tatap Muka

“Kami juga meminta agar warga dapat menghindar dari tiang listrik, jika terjadi cuaca ekstrim yang disertai angin kencang, sebab bisa mengancam jika terjadi sengatan listrik akibat adanya pohon maupun ranting yang tumbang dan mengenai jaringan listrik maupun tiang,” pintanya, Rabu(8/9)

Pohon Tumbang akibat terjangan hujan lebat disertai angin kencang menimpa salah satu rumah warga di kawasan halong (8/9)

Untuk itu, Yusrizal meminta warga Kota Ambon untuk melapor ke PLN terdekat, jika mengetahui ada hal-hal yang dapat mengancam keselamatan warga, terkait dengan kondisi jaringan maupun sistim kelistrikan yang ada disekitar wilayah masing-masing.

Selain itu, jika ada pelanggan PLN yang mengalami gangguan kelistrikan di rumah atau lingkungan, dapat segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile di fitur Pengaduan, atau menghubungi Contact Center PLN melalui nomor 123 untuk informasi yang lebih cepat dan akurat.

Sementara menyangkut dengan pemadaman yang terjadi akhir-akhir ini, terangnya, itu disebabkan adanya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik, akibat cuaca ekstrim (hujan angin) di Kota Ambon dan sekitarnya, Selasa kemarin.

Pohon tumbang itu terjadi di daerah Ahuru (belakang gereja Yakobus), Kecamatan Sirimau. Namun kondisnya sudah normal kembali, setelah dilakukan pembersihan dan perbaikan jaringan STUM.

“Selaku PLN, sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan, yang diakibatkan adanya gangguan kelistrikan yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Ambon akhir-akhir ini,” pinta Yusrizal.

Bukan hanya itu, gangguan yang sama juga terjadi di kawasan Kudamati, Gunung Nona, Bukit Geser dan Pensip, akibat pohon tumbang.

“Kami juga mohon informasi dari masyarakat yang melihat atau mengetahui pohon yang hampir maupun sudah menyentuh jaringan listrik PLN, agar menginformasikan ke pihak kami untuk dilakukan penebangan pohon tersebut, guna menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pasokan listrik,” tutup Yusrizal.(RHM)

Comment