by

PMD Didesak Gelar Pilkades Serentak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mendesak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten SBT, Jafar Kwarumaratu, untuk segera menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

Salah satu anggota DPRD SBT, Abdul Gafar Wara-Wara, mengungkapkan, dari 198 desa yang ada di Bumi Ita Wotu Nusa, sebagian besarnya masih dipimpin oleh caretaker kepala desa. Sehingga hal tersebut dinilai sangat menggangu aktivitas pemerintah desa.

Menurut Gafar, untuk menciptakan penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien, sudah seharusnya dilakukan Pilkades serentak, untuk memilih kepala dewsa definitif.

Apalagi sebelumnya, ungkap Gafar, Bupati Abdul Mukti Keliobas pada upacara 2 Mei lalu, telah menyampaikan hal tersebut.

“Saya harap, ini tidak hanya sekedar wacana. Tapi harus secara nyata dilaksanakan, biar desa-desa segera dipimpin kepala desa definitif. Sehingga roda pemerintahan di desa dapat berjalan lebih maksimal,” ujar politisi PKB asal Kecamatan Kesuy Watubela itu, belum lama ini.

Pilkades, katanya, merupakan kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi. Sebab sangat berdampak terhadap banyak aspek pembangunan di desa.

Contohnya, banyak karateker kepala desa yang rata-rata berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka tidak akan fokus melaksanakan tugas pokoknya.

Tentu, lanjutnya, hal itu akan sangat merugikan penyelenggaraan roda pemerintahan di desa. “Sebab umumnya para karateker hanya fokus pada pengelolaan Dana Desa,” pungkasnya.(SOF).

Comment