by

PN Ambon Perluas Bisnis Usaha

Ambon, BKA- Guna menambah omset pendapatan dari biasanya, Perum Percetakan Negara (PN) Cabang Ambon akan perluas bisnis usha. Bisnis usaha yang akan dibangun dengan membuka Rumah Sakit (RS) Ibu dan anak, selain produksi pencetakan sebagai usaha awalnya.

“Memang ada keinginan dari hasil analisis Kepala PN Ambon, untuk di areal yang ada, itu dibangun RS Ibu dan Anak. Agar bagaimana upaya omset itu, jauh lebih besar selain percetakan yang mereka kelola selama ini,” tandas Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary, kepada awak media, usai rapat bersama dengan PN Cabang Ambon, terkait persoalan upah pegawai, di ruang komisi IV DPRD Maluku, Senin(22/11).

Menurut, Atapary jika PN Ambon hanya berharap dengan peluang bisnis yang ada saat ini, tentu ada peluang bisnis lainnya yang bisa dikembangkan dalam areal dunia usaha lainnya. Sehingga persoalan gaji pegawai yang sempat tertunda beberapa waktu lalu, secepatnya bisa diatasi.

Meskipun demikian, lewat Komisi IV juga akan melakukan koordinasi dengan PN Pusat. Guna mencari solusi lain dalam pengembangan usaha dan gaji pegawai. Namun sebelumnya lewat koordinasi dengan pimpimpinan DPRD akan menyurati PN Pusat terlebih dahulu.

“Nanti jika lewat surat dan tidak mendapat respon dari PN Pusat, nanti kita akan bicarakan lagi ditingkat Komisi IV. Sehingga akan menjadi aspirasi dari Komisi untuk melakukan audiens langsung dengan PN Pusat, agar bisa bertanggungjawab dengan gaji pegawai yang tertunda lima bulan belum dibayar. Dengan harapan PN Pusat dapat memberi ujian untuk bisa memperluas bisnis usaha,” pungkasnya.

Hal tersebut kata, Atapary, jika PN Ambon hanya berharap usaha pencetakan dan tidak bisa berpikir bisnis usaha lainnya, maka sangat diyakinkan akan muncul kembali persoalan baru selain persoalan keterlambatan gaji.
“Saya rasa peluang bisnis RS Ibu dan Anak juga punya peluang bisnis yang besar, apa lagi di Maluku khusus di Ambon ini kan belum ada RS seperti begitu. Sehingga hitungan mereka (PN) sangat prospek kalau dibangun di Ambon, sebagai investasi bisnis yang baru bagi PN Ambon,” harapnya. (RHM)

Comment