by

Pohon Puleh Siap Ikuti Lomba Kampung Iklim

Ambon, BKA- Kampung iklim yang terletak di Pohon Puleh, Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon akan kembali dibenahi dalam rangka mengikuti lomba kampung iklim tingkat nasional. Pemerintah dan dinas terkait pun sementara mempersiapkan tempat ini agar bisa dinilai nantinya. Warga pun dikerahkan dalam kerja bakti guna menata kembali beberapa sudut agar kembali terlihat indah.

Seperti yang diketahui bahwa Pohon Puleh merupakan satu-satunya kampung iklim ditengah perkotaan. Kriteria penilaian lomba ini semuanya telah dipenuhi oleh Pohon Puleh. Jika dilihat dari dalam, daerah ini memiliki konsep lingkungan yang berbeda dari tempat lain. RT bersama dengan warga telah komitmen untuk membuat lingkungan mereka menjadi lingkungan yang hijau dengan beberapa pemanfaatan lahan kosong warga.

Dengan segala upaya yang dilakukan sehingga membuat tempat ini berhasil masuk mewakili Maluku dengan kriteria penilaian yaitu 94,5. Sesuai yang dijadwalkan maka tim penilaian pusat perlombaan kampung iklim akan datang untuk menilai secara langsung sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Wali Kota Ambon sebagai pemerintah daerah mendukung sepenuhnya daerah ini untuk mengikuti lomba. Itu bisa dilihat dari adanya pendanaan dan pemantauan langsung dari Lurah dan Camat. Bahkan demi melihat persiapan, Camat Sirimau dan Lurah Ahusen turun langsung meninjau pembenahan warga.

“Jadi kami satu-satunya kelurahan yang masuk mengikuti lomba kampun iklim ini. Saya dengan bangga menyiapkan daerah ini agar bisa tetap bersih dan indah. Setelah lolos berbagai kriteria kami pun bisa mewakili Maluku dalam lomba ini. Sesuai yang dijadwalkan bahwa besok kamis (28/8) akan ada tim penilaian dari pusat yang turun langsung untuk menilai secara langsung tempat ini. Untuk itu kami kembali melakukan penataan dibeberapa sudut yang memang harus diperbaiki. Memang tidak terlalu banyak perbaikan tapi harus tetap dilakukan dibawah pengawasan,” tutur Deki Sopamena Lurah Ahusen.

Justus Patipawae selaku ketua RT 002/04 mengakui, warga sangat antusias dalam menata dan membenahi kembali lingkungan untuk lomba nantinya. ” Warga sangat antusias dalam kerja bakti penataan kembali lingkungan kami. Jadi kami akan kembali mengecat beberapa sudut lalu kami juga akan menata dan membersihkan kembali bank sampah, posyandu dan posbindu yang ada. Saya berharap agar kedepannya lingkungan ini bisa tetap terjaga kehijauannya meskipun berada di hiruk-pikuk perkotaan,” sampainya. (MG-1)

 

 

Comment