by

Pohon Tumbang Dibersihkan, Lalin Normal

Ambon, BKA- Pohon tumbang yang terjadi akibat angin kencang disertai hujan, pada Sabtu (27/2) di depan rumah Sakit dr. J. A. Latumeten, kecamatan Nusaniwe, telah berhasil dibersihkan. Arus lalu-lintas (lalin) pada jalan Dr. Tamaela, ini juga telah berjalan normal sejak Minggu (28/2) kemarin.

Pantauan koran ini, tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi sekira pukul 17.21 WIT itu. Namun terjadi kemacetan yang sangat panjang. Hal itu membuat arus lalu-lintas pada jalur itu dialihkan, guna mengurai kemacetan yang terjadi.

Saat pohon beringin yang dikabarkan sudah berusia puluhan tahun ini tumbang, selain menutup jalan, juga merusak pagar depan PGSD Unpatti. Bahkan jaringan listrik sempat mengalami kerusakan dan terjadi pemadaman di sejumlah kawasan. Namun langsung diperbaiki dalam beberapa saat, oleh pihak PLN.

Masyarakat sekitar dibuat kaget, saat pohon besar itu roboh. Salah satu tiang jaringan listrik juga ikut roboh usai ditimpa pohon tersebut. Alhasil, pemadaman listrik terjadi di beberapa kawasan. Karena tidak bisa lagi dilalui kendaraan, maka jalan tersebut langsung ditutup sementara untuk dilakukan pembersihan saat itu.

Sejumlah personil Satlantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, langsung mengalihkan arus lalu-lintas yang akan melintasi jalan tersebut. Pengalihan kendaraan dialihkan ke jalan-jalan alternatif hingga menunggu selesai pembersihan.

“Itu (pohon tumbang) kira-kira terjadi jam 5 lewat 27 menit. Saya dan warga sekitar sini langsung kaget saat dengar bunyi besar. Ternyata setelah dilihat pohon besar yang tumbang karna hujan dan angin kencang,” tandas Teddy, salah satu warga kecamatan Nusaniwe, kepada koran ini di TKP, Sabtu (27/2).

Tak lama kemudian, lanjut dia, terlihat salah satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah Kota Ambon tiba di lokasi untuk melakukan pembersihan terhadap pohon tersebut. Bahkan sejumlah bantuan terus berdatangan untuk membantu mempercepat proses pembersihan terhadap batang pohon dari badan jalan, agar percepat kondisi lalu lintas.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari Humas PLN UIW Maluku dan Maluku Utara (MMU) menyebutkan, akibat dari tumbangnya pohon tersebut, pasokan listrik di beberapa lokasi antara lain Kampus Unpatti, Mangga Dua, PGSD, RS dr J.A Latumeten, Petak 10 dan Batu Gantong Rehobot terpaksa mengalami kondisi padam dikarenakan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) mengalami ganguan.

Untuk mengatasi hal tersebut, PLN lewat Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, langsung menurunkan petugas ke lapangan. Guna berkoordinasi dengan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon yang tengah mengatasi pembersihan pohon tersebut.

Dan disebutkan, bahwa tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang rusak akibat musibah tersebut adalah 4, bukan 1. Namun beberapa jam kemudian, seluruh perbaikan telah dilakukan dan kondisi telah normal kembali.

“Jadi bukan hanya satu, tapi empat tiang SUTM yang rusak tertimpa pohon. Dan beberapa konstruksi jaringan distribusi mengalami kerusakan dan segera PLN perbaiki jaringan listrik yang rusak setelah tim Damkar mengamankan pohon beringin tersebut. Dan saat ini (kemarin) langkah persiapan untuk pemulihan. Tim dan peralatan sudah siap,” pungkas Manager Komunikasi PLN UIW MMU, Ramli Malawat, via selulernya. (RHM)

Comment