by

Poka Alokasi Anggaran Antisipasi Bencana Alam

Pemerintah Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon telah mengalokasikan anggaran anggaran untuk mengantisipasi bencana alam. Ini diakui Penjabat Desa Poka, Erick van Room, saat dihubungi koran ini, Rabu (19/5).

Menurut Erick, anggaran tersebut dialokasikan setiap tahun untuk keadaan darurat seperti bencana alam.

“Kami tentu saja memiliki anggaran untuk bencana alam. Biasanya itu masuk dalam anggaran darurat. Jadi jika terjadi hal darurat, sudah tersedia anggaran untuk membantu warga,” terangnya.

Dikatakan, sejauh ini belum ada laporan warga mengenai bencana alam seperti longsor maupun banjir. Dan Desa Poka termasuk wilayah minim titik rawan bencana.

Namun berdasarkan data tahun 2020 kemarin, tidak ada laporan bencana yang terjadi di wilayah Desa Poka.

“Syukurnya sampai sejauh ini tidak ada laporan warga yang terkena longsor maupun banjir. Sejauh ini hanya banjir rob yang kemarin, karena air pasang. Kami memang kecil angka titik rawan bencana,” jelasnya.

Meski demikian, Erick mengaku akan tetap menghimbau warga Desa Poka selalu waspada bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Terutama bagi warga yang rumah berdekatan dengan daerah tebing maupun bantaran sungai.

“Saya menghimbau warga agar tetap menjaga diri dan waspada di musim penghujan ini. Terutama bagi warga yang berada di lereng gunung dan tebing tanah,” himbaunya.

Erick menambahkan, Pemdes Poka tetap memantau titik-titik yang dianggap rawan bencana. Warga juga diminta segera melaporkan ke kantor desa jika terjadi bencana di lingkungan mereka.

“Kami tetap pantau beberapa titik rawan. Karena ada beberapa proyek pembukaan lahan jadi kami tetap pantau. Saya berharap warga segera melaporkan jika saja terjadi bencana, baik itu banjir maupun tanah longsor,” tutupnya. (BKA-1)

Comment