by

Poka Ikuti Bimtek Pendataan IDM SDGs

Ambon, BKA- Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon mengikuti bimbingan teknik (bimtek) untuk tim pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs. Pendataan ini bertujuan untuk membangun desa secara berkelanjutan, yang mana juga diikuti oleh seluruh desa yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti seluruh desa yang ada di Indonesia. Karena dengan data ini desa bisa menyusun rencana pembangunan secara berkelanjutan. Pendataan ini dilakukan secara merata dan detail di setiap keluarga yang ada,” ungkap Pemberdayaan Masyarakat Kordinator Kota Ambon, Seblun Tiweri saat ditemui koran ini, di kantor Desa Poka, Kamis (29/4).

Dikatakan, saat proses pendataan dilakukan, maka warga yang ditemui akan langsung diwawancara. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, upah sampai dengan kesehatan. Dengan begitu bisa diketahui apa kebutuhan yang perlu dibenahi.

“Jadi akan ada wawancara dengan warga, agar kita bisa tau pendikan, pekerjaan, pendapatan per hari hingga kondisi kesehatan mereka. Itu di isi quisioner dan ada juga online. Jadi kita bisa mengetahui kebutuhan warga dan membantu sesuai dengan fungsi Dana Desa (DD) untuk sejahterakan warga,” terang Tiweri.

Sementara itu, Penjabat Desa Poka, Erick van Room mengatakan, akan membuat rencana pembangunan dari hasil pendataan yang dilakukan. Ia juga mengaku akan mendukung hingga selesai pendataan dilakukan.
“Jadi pendataan ini sangat bagus karena detail, mulai dari data yang sangat kecil. Setelah semua data terkumpul, kami akan rapat diskusikan untuk bisa membahas program yang bisa membantu menjawab kebutuhan warga lewat rencana pembangunan,” pungkasnya.

Sekedar tahu, kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh Tim Pendamping Desa Teluk Ambon sebagai pemateri. Tim pendataan terdiri dari masyarakat Poka, dibantu mahasiswa KKN yang ada di kantor Desa Poka. (BKA-1)

Comment