by

Poka Jalankan Vaksinasi ke Lansia

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Poka, Kecamatan Teluk Ambon mulai melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 kepada warga lanjut usia (lansia) yang ada. Tercatat, sebanyak 45 lansia berhasil divaksin dosis 1, Senin (15/3).

Pemberian vaksinasi itu, dilakukan di kantor Desa Poka, yang di pimpin langsung Kepala Puskesmas Poka Rumah Tiga, Dr. Ongky Norimarna, yang dibantu 14 petugas medis.

Jenis vaksinasi yang diberikan bagi lansia, sama dengan jenis vaksin yang sudah pernah diberikan oleh pihak pemerintah dan tenaga medis, yaitu vaksin Sinovac.

“Fungsi dari vaksin Sinovac sendiri itu, untuk membantu mengurangi resiko bahaya Covid-19, dan meningkatkan antibodi dalam tubuh. Jadi ini sangat bermanfaat sekali bagi lansia,” jelas Kepala Penjabat Desa Poka, Erick Van Room dalam rilisnya.

Dituturkan, para lansia yang telah menerima vaksin, itu diharuskan melewati beberapa tahap pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk mengetahui tekanan darah, serta penyakit bawaan yang sedang dialami. Agar bisa diputuskan, apakah lansia tersebut dapat divaksin atau tidak.

“Kalau ada penyakit bawaan yang berbahaya seperti jantung, paru-paru, atau penyakit lainnya, yang memang sangat berbahaya, berarti lansia tersebut tidak bisa divaksin. Dan itu tidak bisa diganggu gugat,” terang Erick.

Ia menambahkan, pemberian vaksin dosis ke dua akan dilakukan bersamaan untuk Kecamatan Teluk Ambon-Baguala di bulan April 2021 mendatang. Yakni dilakukan di tanggal berbeda, sesuai jadwal yang ditentukan puskesmas. (BKA-2)

Comment