by

Pol PP MBD Bakal Gelar Pelatihan Satlinmas

Tiakur,- Guna menjaga dan mengamankan jalannya Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 nanti, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) akan melaksanakan Pelatihan terhadap Satuan Linmas (Satlinmas) di 117 desa.

Kepala Satpol PP Kabupaten MBD, Daniel Saknohsiwy, saat ditemui di ruangannya mengaku, Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan serta beranggotakan warga masyarakat. Yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk salah satunya menjaga keamanan.

Karena itu, lanjutnya, dalam menciptakan Pilkada Damai dan Kondusif, maka peran Satlinmas sangatlah penting. Sehingga perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan anggota Satlinmas dalam penerapan aturan agar nantinya dalam pengamanan Pilkada, sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan PKPU yang berlaku.

Dikatakan, pelaksanan Pelatihan SatLinmas telah dianggarkan pada bulan April tahun 2020. Akan tetapi berhadapan dengan bencana non alam yakni Covid-19 , sehingga pelatihan tersebut tertunda. Mengingat, seluruh anggaran dari masing-masing OPD dipangkas untuk penanganan Covid-19.

Kemudian pada APBD Perubahan tahun 2020, lanjut Daniel, pelatihan tersebut kemudian dianggarkan kembali. Dan bakal dilaksanakan pada pekan depan, dengan melibatkan 585 masyarakat yang tergabung dalam Satlinmas untuk 117 Desa di Kabupaten MBD.

“Nantinya dalam pengaman Pilkada, pada 9 Desember nanti, Satpol PP bersama TNI/Polri akan tetap melaksanakan tugas dan kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Namun peran Satlinmas sangat mempengaruhi jalannya Pilkada yang kondusif. Sehingga melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dari masing-masing anggota Satlinmas di Bumi Kalwedo,” tutupnya. (BKA-3)

Comment