by

Pola Pikir Penggunaan ADD Harus Dirubah

Ambon, BKA- Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler berharap pengunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dapat dirubah. Mungkin dengan membuat program yang dapat menunjang masyarakat dari segi ekonomi.

Menurutnya, sejauh ini pengunaan ADD masih dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur. Antara lain, pembangunan setapak dan saluran pembuangan.

“Mungkin lewat anggaran tersebut, bisa menunjang sektor pariwisata, perikanan, pertanian atau apapun itu yang ada pada desa. Agar terkesan mandiri, dan manfaat penggunaannya bisa dirasakan secara berkepanjangan, ” tandas Hadler, kepada wartawan, Rabu (24/2).

Dengan usulan perubahan penggunaan ADD, terang Syarif, segera bisa dilakukan. Sehingga seluruh Desa yang di Kota bertajuk manise ini mempunyai ciri khas tersendiri dalam penggunaan ADD.

“Jadi 10-15 tahun ke depan, jika ADD dimanfaatkan untuk melengkapi sektor ekonomi, pariwisata dan perikanan, otomatis kita sudah bisa memiliki target mana saja desa yang bisa dijadikan sebagai desa desa pariwisata dan desa perikanan,” sebutnya.

Tambah dia, kedepan Pemerintah Kota (Pemkot) akan berupaya merubah pola pikir untuk penggunaan ADD. Yang selama ini hanya di seputaran pembangunan infrastruktur Desa.

“Tidak ada pilihan lain, kita harus rubah kebiasaan penggunaan ADD. Supaya ketika suatu saat sudah tidak bergantung kepada ADD lagi, maka desa tersebut sudah bisa mandiri, dari berbagai sektor,” pungkasnya. (IAN)

Comment