by

Polah Hidup Sehat Jadi Prioritas Desa Kubalahin

Selama bulan suci Ramadhan, Pemerintah Desa (Pemdes) Kubalahin, Kecamatan Lolong Guba, selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan.

Salah satu himbauan yang getol dilakuan Pemdes Kubalahin, yakni, meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes), agar terhindar dari wabah Covid-19.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kubalahin, Idris Besan, mengatakan, pihaknya tidak membatasi aktivitas masyarakat saat berada di luar rumah, sepanjang masyarakat mau menaati prokes dan menjaga lingkungan supaya tetap bersih.


Polah hidup sehat adalah sebuah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran setiap insan, sehingga para masyarakat dapat menolong dirinya sendiri dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang.

“Himbauan dari desa untuk masyarakat, terkait kesehatan harus dijaga. Yang terutama itu tentang 5 M dalam prokes, yakni, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” kata Idris, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (28/4).

Lanjut dia, perilaku yang tidak sehat sudah tentu akan menimbulkan banyak penyakit. Untuk itu, jika mau merubah perilaku, memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun hal itu diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Karena itu, terangnya, kesehatan lingkungan, seperti, membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan, perlu ditingkatkan untuk menuju desa yang tangguh dengan kesehatan.

“Kami memberikan penyadaransedikit tentang hidup sehat itu. Lalu saya anjurkan kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan halaman rumahnya, pokoknya semua yang berkaitan dengan kesehatan, ” ungkapnya.

Yang paling penting, katanya, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ini merupakan suatu program pemerintah, untuk menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih.

Disisi lain, tambahnya, kebijakan tersebut juga menjadi suatu cara guna memerangi wabah Covid-19.

“Program ini merupakan cara bagaimana kita dapat beradaptasi pada kondisi pandemi covid ini. Jadi mau tidak mau, kita harus menyesuaikan diri, supaya kita bisa lanjutkan aktivitas kita sehari-hari dengan baik, ” pungkasnya. (MG-1).

Comment