by

Polisi Rampungkan Berkas Terangka Narkoba

Ambon, BKA- Penyidik Satresnarkoba Polres Malteng mulai merampungkan berkas perkara tersangka ZT alias Yudi tersangka kasus pengedaran narkoba di Kota Masohi, Maluku Tengah (Malteng).

Kapolres Malteng, Rositah Umasugi kepada koran ini mengatakan, untuk berkas perkara tersangka narkoba itu, kini penyidik rampungkan berkas perkara.
Hal ini dilakukan untuk diserahkan berkas tahap I ke JPU Kejari Malteng untuk diteliti.
“Ini dilakukan demi mengirimkan berkas perkara ini ke JPU,” ungkap Kapolres, Jumat kemarin.

Orang nomor satu di Polres Malteng ini mengaku, berkas perkara tersebut, sudah dipastikan lengkap dalam waktu dekat.
“Akan tetapi, jika dalam perampungan berkas, penyidik masih menemukan kekurangan dokumen, berarti dilakukan pemeriksaan saksi-saksi tambahan,” tandasnya.
Sebelumnya Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengungkapkan, ZT alias Yudi, diamankan oleh tim Satresnarkoba seusai mengambil salah satu paket barang di salah satu jasa pengiriman yang ada di Kota Masohi.

“Jadi Rabu 20 Januari 2021, bertempat di depan salah satu kantor layanan Jasa Pengiriman barang J&T Expres Masohi, anggota kembali melakukan penangkapan dan mengamankan, terhadap ZT alias Yudi,”kata Kapolres kepada sejumlah awak media di Mapolres Malteng, Rabu (20/1).

Kapolres menjelaskan, setelah menerima informasi dari masyarakat terkait akan ada pengambilan barang pada jasa pengiriman tersebut yang diduga merupakan narkotika, maka tim Sat Resnarkoba langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya ZT alias Yudi, diduga sebagai pemilik barang haram tersebut.
“Menerima informasi itu, anggota melakukan pemantauan pada lokasi kantor J&T Expres, dan hasilnya orang yang diduga hendak mengambil barang tersebut datang dan masuk kedalam kantor J&T Expres Masohi, setelah barang tersebut diambil oleh terlapor dan sementara terlapor hendak mengisi barang yang diambilnya tersebut ke dalam jok motor, dan langsung diamankan,”jelas Umasugi.

Orang nomor satu di Polres Malteng ini mengatakan, setelah diperiksa ternyata paket barang yang diambil ZT alias Yudi itu, ternyata narkotika jenis tembakau sintetis (Gorila).

“Setelah ditangkap kemudian barang itu diperiksa, hasilnya memang satu paket narkotika atau tembakau gorila dengan berat 22,04 gram, yang dibungkus dengan plastik klip bening, kemudian dibungkus lagi dengan menggunakan baju kaos warna merah putih,”paparnya.

Wanita dengan dua melati dipundaknya ini mengaku, jika ZT alias Yudi, telah diamankan di Mapolres Malteng, sambil menjalani pemeriksaan secara intensif.

“Barang bukri yang kita amankan dari tangan perlaku yang kini sudah dijadikan tersangka yakni, satu paket Narkotika jenis Tembakau gorila, satu buah handphone merk OPPO A31 warna hitam, satu unit sepeda motor merek Yamaha Mio, dan satu helai baju kaos warna merah putih. ZT alias Yudi kita jerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) Undang – Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman hukuman diatas lima tahun,”pungkas Umasugi. (SAD)

Comment