by

Polres Aru Bagikan Masker Gratis

Ambon, BKA- Guna menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru, Polres Kepulauan Aru dibawa komando AKBP Sugeng Kundarwanto gelar aksi pembagian masker gratis kepada masyarakat Aru. Aksi bagi masker sebanyak 2.450 masker, ini turut melibatkan Pemkab Aru dan TNI setempat.

Pantauan BeritaKota Ambon, Kamis (4/2) aksi pembagian masker gratis itu difokuskan pada lima titik, di pusat ibu kota daerah penghasilan mutiara itu. Selain Kapolres Aru, Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dan Danlanal Letkol Laut (P) Choirul Rosiqin turut serta dalam aksi itu.

Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Aru, Muin Sogalrey dalam keterangan persnya mengatakan, aksi pembagian masker yang digelar Polisi dengan melibatkan Pemda dan TNI kemarin, merupakan aksi nasional secara serentak di seluruh Indonesia.

“Aksi pembagian masker hari ini merupakan program Polri secara nasional dengan melibatkan Pemda dan TNI,” ucap Muin.
Dikatakan, selaku pemerintah daerah, pihaknya sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada Polri dan jajaran, khususnya di Polres Kepulauan Aru atas partisipasinya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kepulauan Aru.

“Pokoknya Pemda dukung sepenuhnya aksi bagi masker gratis ini. Ya, apresiasi yang luar biasa ya buat Polres. Karena sudah berupaya bersama kami untuk memutus mata rantai Corvid-19 di Aru tercinta ini,” tandasnya

Orang nomor dua di Pemkab Aru itu menjelaskan, terhitung Februari 2021, Pemda Kepulauan Aru sudah memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2020 tentang Protokoler Kesehatan Covid-19. Dan Perda dimaksud, sudah bisa diterapkan terhadap masyarakat yang melanggar protol kesehatan. Seperti tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dan lainnya.

“Jadi kita sudah keluarkan Perda, dan mulai berlaku bulan ini. Jadi apabilah masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, maka sudah tentu akan diberikan sanksi sosial seperti menyapu jalan dan lain-lain,” sebutnya

Kesempatan yang sama, Kapolres Kepulaun Aru menambahkan, aksi pembagian masker gratis ini bukan hanya dilaksanakan di pusat Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru. Namun akan dilaksanakan juga di Polsek-Polsek yang berada di sebelas kecamatan yang ada.

“Aksi bagi masker ini bukan disini (Dobo) saja, kita akan lakukan juga di Polsek-Polsek di sebelas kecamatan. Jadi kita buat bertahap, karena memang keterbatasan sarana prasarana menuju ke Polsek-Polsek,” ujar Kapolres

Sedangkan untuk sanksi, tambah dia, pihaknya bersama-sama TNI dan Sat-Pol PP Aru akan menjalankan dan menegakkan Perda tersebut terhadap masyarakat, yang mencoba atau sengaja melanggar instruksi yang tentuang dalam Perda itu.

“Kita akan tegas soal sanksi nanti. Jadi apabila masyarakat yang mau langgar ya siap-siap untuk mendapat sanksi. Karena yang kita buat saat ini baik untuk keselamatan kita semua,” tegasnya (WAL)

Comment