by

Polres Aru Gelar Operasi Patuh Siwalima 2021

beritakotaambon.com – Operasi Ialu lintas dengan sandi Patuh Siwalima 2021, terus dilaksanakan Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang bertugas di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Aru, Jumat (24/9).

Pantauan media ini di Kota Dobo, awal pelaksanaan operasi Patuh Siwalima yang digelar secara serempak pada Senin 20 September 2021 kemarin, Sat Lantas Polres Kepulauan Aru dibawah komando Iptu Pini, selalu mengedepankan instuksi

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Kakorlantas Polri) yakni meniadakan penindakan terhadap pelanggar lalu-lintas, namun diganti dengan tindakan persuasif dan humanis. Hal tersebut terus diwujudkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Siwalima 2021 ini.

Meski sudah memasuki hari ke empat, personil Sat Lantas Polres Kepulauan Aru yang terlibat dalam operasi tersebut belum menindak atau menilang para pelanggar lalu lintas. Malah, hanya memberikan himbauan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Ialu-lintas kepada masyarakat.

Baca juga: Wawali Harap Bumil di Ambon Tak Percaya Hoaks

Selain memberikan himbauan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Ialulintas, Sat Lantas Polres Kepulauan Aru juga menyampaikan himbaun keamanan Covid-19, dengan penerapan protokol secara Iangsung.

Bahkan, terhadap pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu-lintas hanya diberikan teguran secara lisan.

Pihaknya juga membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas di kawasan Tugu Cenderawasih, Dobo.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Kepulauan Aru, Iptu Pini disela-sela pelaksanaan Operasi Patuh Siwalima di hari keempat, Jumat (24/9) mengatakan, cara bertindak personilnya di lapangan Iebih mengedepankan tindakan persuasif, edukatif serta humanis sesuai apa yang diinstruksikan Kakorlantas Polri.

“Jadi menindaklanjuti perintah atasan kami maka, Operasi Patuh Siwalima kali ini kita tidak melaksanakan penindakan terhadap pelanggar lalu-lintas. Tetapi hanya memberikan himbauan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Ialulintas kepada masyarakat,” tutur Iptu Pini.

Baca juga: DPRD–Pemkab Aru Teken NP KUAPPAS APBD-P

Selain itu, kata AKP Pine, dalam setiap pelaksanaan operasi patuh kali ini, pesonilnya juga dikerahkan untuk menyampaikan himbaun keamanan covid-19, dengan penerapan protokol secara Iangsung.

“Kita juga membagi – bagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas di ruas jalan seputaran Tugu Cenderawasih Dobo. Dengan tujuan, agar masyarakat lebih mengedepankan protokol kesehatan. Guna memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 menuju Indonesia sehat bebas Covid – 19,” ucapnya. (WAL)

Baca juga: Kejati Dalami Peran Thimotius Kaidel di Kasus Jalan Wokam

Comment