by

Polres Buru Kembali Sisir Kawasan Gunung Botak

BURU-BKA, Kepolisian Resort (Polres) Pulau Buru kembali melakukan penertiban terhadap para penambang ilegal di kawasan Gunung Botak, Desa Wamsait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Rabu (28/7).

Penertiban tersebut turut melibatkan personil intel Kodim 1506 Namlea, lantaran maraknya para penambang ilegal yang kembali menambang emas di kawasan Gunung Botak.

Penyisiran Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) tersebut, dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pulau Buru, Iptu J. R. Soplanit dan Kapolsek Waeapo, Ipda Zainal.

Baca: Dua Hari Kandas, KM Tidar Berhasil Lepas

Paur Humas Polres Pulau Buru, Aipda MYS Djamaluddin menjelaskan, mulai pukul 12.00 WIT hingga 16.40 WIT, penyisiran pada lokasi tambang emas tanpa Ijin itu dilakukan personil Polres Pulau Buru, Polsek Waeapo dan Koramil Waeapo.

“Dengan hasil kegiatan telah ditemukan bekas alat aktivitas penambangan dengan metode rendaman, tenda tempat tinggal, lubang, tembak larut dan dompeng. Namun, saat ditemukan para pelaku tambang tidak sedang melakukan aktivitas penambangan. Dan para pemilik telah meninggalkan lokasi tambang,” kata Djamaluddin.

Ia menyebutkan, langkah yang telah dilakukan sementara yakni pemusnahan terhadap barang, tenda dan alat milik para penambang.

“Telah dilakukan pemusnahan atau pengerusakan barang-barang milik penambang illegal. Dan perlu dilakukan patroli secara rutin dilokasi tambang emas Gunung Botak, untuk mengantisipasi adanya penambang yang kembali melakukan aktivitas,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum melakukan giat tersebut, Polsek Waeapo lebih dulu melaksanakan apel. Yakni apel tersebut untuk memberikan arahan dan SOP cara bertindak di lapangan.

“Sementara pada pukul 14.00 WIT dilaksanakan penyisiran pada lokasi tambang Gunung Botak yang di bagi menjadi 2 regu. Yakni 1 regu Gunung Botak yang dipimpin Kapolsek Waeapo dan Sungai Jalur B yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pulau Buru,” paparnya.

Baca: Pemdes Gogorea Usul Pencairan BLT Februari

Dia menambahkan, pihaknya telah memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan aktivitas penambangan emas ilegal di kawasan Gunung Botak dan sekitarnya.

“Kami telah melakukan himbauan terhadap masyarakat yang tinggal dekat dengan tambang emas Gunung Botak. Agar tidak melakukan aktifitas penambangan atau memasuki areal tambang emas gunung botak,” pungkasnya.

Sekedar tahu, tim yang melakukan penyisiran tersebut yakni Kasat Samapta Polres Pulau Buru Iptu bersama 15 Personil Sat Samapta polres Pulau Buru, Kapolsek Waeapo Ipda Zainal bersama 20 Personil Polsek Waeapo, 7 Personil Koramil Mako (Babinsa) dan 2 Personil Remob Kompi 3 yon A pelopor serta 1 Personil intel Kodim 1506 Namlea. (MSR)

Comment