by

Polres Buru Lakukan Tes Urin di THM

Mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang (narkoba) di Kota Namlea, Polres Buru menggelar tes urine kepada pengunjung dan ladies Tempat Hiburan Malam (THM), 16 Juni lalu.

Kasatres Narkoba Polres Pulau Buru, Iptu Rizki Arif Prabowo, mengungkapkan, tes urine tersebut menyasar semua THM di Kota Namlea.

“Jadi kita memang melaksanakan kegiatan rutin yang memang harus kami laksanakan. Jadi kami melaksanakan bukan random sampling. Tapi seluruh tempat hiburan malam kami datangi, kemudian kita laksanakan tes urine kepada pengunjung dan ladies,” ungkap Iptu Arif, saat dikonfirmasi BeritaKota Ambon, di ruang kerjanya, Jumat (18/6).

Menurut dia, dalam giat tersebut personel dari Satres Narkoba melakukan tes urine kepada 32 orang pengunjung maupun wanita penghibur, yang ada di Karaoke 69, Karaoke New, Karaoke Alexis, dan Karaoke Dinasty.
“Bersyukur, semuanya negatif atau tidak menggunakan narkoba,” ungkapnya.

Giat itu, katanya, memang dilakukan untuk memastikan, para pengunjung dan ladies di THM tersebut mengkonsumsi narkoba atau tida.

“Jadi tujuan kita laksanakan tes urine ini adalah untuk mengetahui kondisi tamu dan ladies. Sebenarnya ini wajib kita laksanakan. Melakukan tes urine harus dilakukan secara berkala,” ungkapnya.
Untuk 2021, lanjutnya, itu merupakan giat yang pertama. Namn kedepan, akan dilakukan secara rutin.

“Kedepannya, tidak menutup kemungkinan hanya di tempat hiburan malam saja. Mungkin ketika ada kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan, kita akan melaksanakan random sampling. Kalau untuk waktu, tidak ada patokan waktunya. Tetapi lebih bagus, mungkin sebulan dua kali atau tiga kali. Tapi nanti itu tergantung kondisi di lapangan seperti apa,” ucapnya.

Mantan Kapolsek Waeapo itu menambahkan, personil Satres Narkoba Polres Buru yang diterjunkan dalam operasi 16 Juni malam tersebut, sebanyak 14 orang.

Jadi operasi ini nanti diadakan rutin dan melibatkan Satpol PP dan TNI dari Unsur Polisi Militer (POM), mengingat angka pengguna narkoba di tahun 2021 meningkat.
“Kemarin, dari kami ada 14 personel dari Satres Narkoba yang ikut melaksanakan. Untuk kemarin, kami melaksanakan internal dari kami sendiri. Mungkin nanti kedepannya, kita akan menggandeng instansi lain seperti mungkin dari Satpol PP ataupun nanti dari rekan-rekan kita TNI dan dari POM,” pungkasnya. (MSR)

Comment