by

Polres Buru Ringkus Pembunuh Warga Warflan

Ambon, BKA- Setelah kabur beberapa pekan pasca kejadian 23 Februari 2021 lalu, Polres Pulau Buru akhirnya berhasil mengamankan Mantimbang Nurlatu (30), pelaku yang menghabiskan nyawa Manpapa Latbual alias Mansabar Latbual (40) warga Dusun Walumnako, Desa Waeflan, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru.

Paur Humas Polres Buru, Aipda MYS Djamaluddin mengatakan, penangkapan terhadap pelaku tepatnya di Hutan Rodi, Pulau Buru, sekitar pukul 16.00 WIT, Sabtu (20/3).

Penangkapan dipimpin langsung Ipda Bastian Tuhuteru dan tiga anggota Buser Polres Pulau Buru. Pelaku kemudian di evakuasi dari hutan Rodi dan dibawa ke Mapolres Pulau Buru guna diproses lebih lanjut.

Menurut Djamaluddin, penangkapan terhadap pelaku, setelah tempat persembunyiannya diberitahukan istrinya. Karena saat peristiwa berdarah itu, pelaku memboyong istri dan anaknya bersembunyi di hutan. Hanya saja, karena istri dan anaknya merasa tidak nyaman, mereka kemudian kabur dari hutan.

“Keberadaan pelaku terungkap setelah istrinya Sina Behuku berhasil ditemukan tanggal 9 Maret lalu.Ketika ditangkap istrinya mengaku sangat ketakutan. Ia khawatir kalau suaminya akan membunuh dirinya. Karena itu, dia keluar dari hutan tersebut,” ujarnya, Minggu (21/3).

Dikatakannya, untuk saat ini, pelaku sudah diamankan di Polres Pulau Buru, untuk dilakukan penyidikan lanjut, termasuk pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19.
“Pelaku masih diamankan, untuk pemeriksaan protokol kesehatan dan penyidikan lanjutan. Rencananya, Senin 22 Maret (hari ini), Polres Buru akan menggelar konferensi pers untuk menjelaskan proses penangkapan serta motif pembunuhan yang dilakukan pelaku, ” tandasnya.

Untuk diketahui, Manpapa Latbual alias Mansabar Latbual (40) merupakan warga Dusun Walumnako, Desa Waeflan, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru tewas dibunuh Mantimbang Nurlatu, Selasa 23 Februari 2021 lalu.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIT bertempat di areal ketel Waepulut, Desa Waeflan, Kecamatan Waelata.
Korban tewas akibat luka robek sayatan benda tajam pada bagian leher kiri dan tangan kanan korban sehingga meninggal di TKP. (SAD)

Comment