by

Polres MBD Deklarasi Pembangunan Zona Intergritas

Ambon, BKA- Guna mewujudkan birokrasi Polri yang bersih, Polres MBD mendeklarasikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Mako Polres MBD, Senin, (26/4).

Wakapolres MBD dalam arahannya mengatakan, zona intregitas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang dipimpin. Dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK-WBBM melalui reformasi birokrasi birokrasi, khusus dalan hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan Polres MBD, sebagai salah satu upaya untuk tetap meneguhkan komitmen. Agar lebih mendalami pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri,” ungkap Waka Polres.

Ditambahkan, untuk mewujudkan pencanangan tersebut ada enam komponen pengungkit yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatqn pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Komponen-komponen tersebut bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekamisme kerja, pola pikir serta budaya kerja individu pada satker atau satwil yang dibangun.

Lanjutnya, adapun target yang ingin dicapai antara lain meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan dan anggota. Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja serta menurunkan resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

“Kemudian meningkatkan teknologi informasi, juga efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintah. Bahkan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM. Dan yang terutama ialah mempertahankan predikat WTP dari BPK atas opini laporan keuangan agar dapat menghindari penyalahgunaan wewenang,” terang Wakapolres.

Dijelaskan, sebagai anggota Polri dengan adanya pencanagan tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan prima kepolisian yang lebih cepat, lebih murah, lebih aman dan lebih mudah dijangkau. Agar dapat meningkatkan indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Untuk menghadapi kondisi tersebut, tentunya menuntut Polri untuk dapat bersikap presisi prediktif, responsibilitas dan tranparasi berkeadilan. Dengan terus menerus mereformasi diri serta meningkatkan kualitas kinerja secara profesional,” tuturnya.

Dia berharap, deklarasi pencanagan pembanguan zona integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan Polres MBD, dilaksanakan secara menyuluruh bersifat positif dari hulu sampai hilir. Sehingga Para personil lainnya wajib mendukung program ini dan perbaiki mutu, serta kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan memberikan pelayanan yang mudah serta hindari adanya pungutan tambahan maupun aktifitas percaloan pada seluruh titik. (GEM).

Comment