by

Polres MBD Gelar Operasi Ketupat Siwalima 2021

Demi memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Maluku Barat Daya melakukan apel gelar pasukan operasi ketupat Siwalima 2021 yang bertempat di lapangan apel Polres MBD, Rabu, (5/5).

Apel gelar pasukan ini, yang bertindak selaku Inspektur apel yaitu Bupati MBD Bapak.Benyamin Thomas Noach dan selaku Komandan Apel IPDA Chakra Muhammad Arafat.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus.L.Kilikiky, Ketua DPRD MBD A.Tunai, Kapolres Maluku Barat Daya AKBP. Budi Adhy Buono, Dandim 1511 / Pulau Moa Letkol Inf.Wira Muharromah, Kepala Kejaksaan Negeri MBD Herwin Adriono, Waka Polres MBD Kompol Janny Parinussa, Para Kabag Kasat dan Kasie Polres MBD, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maluku Barat Daya Stefanus Tia, Danki Brimob Kompi IV Yon C Moa IPTU Agus Lainata, Pabung TNI AU Kapten ( Kal ) Dede Pabung TNI AL Lettu Ihwan Nudin, Para Pimpinan SKPD lingkup Pemda MBD, dan Pengurus Mesjid Nurul Iman Kalwedo – Tiakur

Dalam amanat Kepala Kepolisin Negara Republik Indonesia,Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit yang dibacakan oleh Ispektur apel mengatakan, di tahun 2021, negara Indonesia diperhadapkan dengan berbagai permasalahan baik penanganan Covid-19, pengamanan tahapan Pilkada tahun 2020, aksi terorisme, bencana alam.
Syukurlah, dari sejumlah agenda tersebut dapat ditangani dengan baik meski belum sempurna. Semua ini berkat kerjasama seluruh masyarakat Indonesia dan sinergitas kementrian serta lembaga terkait.

Dikatakan Kapolri, giat apel gelar pasukan di masa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021, dalam rangka pengamanan hari raya Indul Fitri 1442 H Tahun 2021, baik dari aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya. Mengingat masih dalam situasi Covid-19.

Kapolri mengatakan, tahun 2021, pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, karena situasi pandemi Covid-19,harus disadari larangan pemerintah tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi.

Menurut Kapolri, rencana operasi ketupat Siwalima 2021 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1442 H tahun 2021,untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1442 H dengan aman, nyaman tertib dan lancar di tengah suasana pandemi Covid-19 yang masih melanda.

” Operasi ketupat 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,” tandas Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur apel.

Usai kegiatan gelar pasukan, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan masker sebanyak 2000 buah dari Pemda MBD yang diserahkan Bupati MBD Bpk.Benyamin Th.Noach, kepada Kapolres MBD AKBP. Budi Adhy Buono.(SAD).

Comment