by

Polsek Nusaniwe Upayakan Cegah Tawuran Warga

Ambon, BKA- Tingginya kasus tawuran antar warga membuat Kepolisian Sektor (Polsek) Nusaniwe, Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease melakukan berbagai upaya pencegahan.

Berdasarkan data dalam tahun 2020, kurang lebih 57 kasus tawuran antar warga yang ditangani Polsek Nusaniwe. Daerah yang rawan terjadi konflik adalah daerah OSM.

Tawuran warga ini dipicu lantaran minuma keras (miras). Untuk itu, Polsek Nusaniwe terus melakukan operasi miras dilingkungan kerjanya.

“ Dalam tahun 2020, kasus yang sering tejadi itu tawuran antar warga. Daerah yang rawan itu OSM. Pemicu utama terjadi bentrok adalah miras. Untuk itu kami terus melakukan operasi-operasi miras,” pungkas Kapolsek Nusaniwe, Iptu Vergi Shyahailatua saat ditemui di Mapolsek Nusaniwe, Rabu (17/3).

Selain operasi miras, Polsek Nusaniwe juga melibatkan stakeholder terkait dalam upaya pengamanan. Dalam hal ini RT, Kelurahan, dan bhabinktibmas.
“Langkah-langkah yang kami ambil melakukan kordinasi dengan RT dan kelurahan untuk mengadakan pertemuan antar pemuda. Disitu juga hadir Bhabinkatibmas untuk dilakukan rekonsiliasi. Jika bisa dengan penyelesaian kekeluargaan maka akan kami lakukan,” tambahnya.

Sementara, lanjut perwira dua balok emas itu,untuk tahun 2021 Polsek Nusaniwe lebih perketat pengaman dengan melakukan patroli, “Untuk tahun ini kami lebih perketat pengawalan dan pengaman dengan rutin adakan patrol dimalam hari,” katanya.

Dia menambahkan, kendala yang sering ditemui yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas ditengah masyarakat. “Kendalanya memang di masyarakat. Warga belum mau terbuka dan bekerja sama dengan kepolisian. Saya berharap kedepannya masyarakat bisa lebih terbuka dan bekerja sama dengan aparat demi keamanan bersama. Semoga saja ditahun ini angka tawuran dan kasus-kasus kejahatan lainnya bisa menurun,” tutupnya. (BKA-1)

Comment