by

Posko PPKM Tak Sediakan Nakes

Tenaga Kesehatan (Nakes) tidak dilibatkan dalam Posko cek poin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang di bangun di dua lokasi kota Ambon, diantaranya Desa Hunuht/Durian Pata, Kecamatan Teluk Ambon dan Kawasan Larier, Kecamatan Baguala.

Pasalnya, para petugas di posko yang ada, hanya memeriksa administrasi keluar masuk Kota Ambon. Diantaranya kartu vaksin dan hasil rapid antigen yang dinyatakan negatif.

“Administrasi itu, bukti untuk vaksin dan bukti hasil rapid antigennya,” sebut Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan di Balai kota, Jumat (9/7).

Jika tidak ada persyaratan ini, sambung Richard, warga dari Kecamatan Salahutu dan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah tidak diberikan ijin keluar masuk Kota Ambon.

“Jadi kalau tidak ada bukti vaksin dan rapid antigen, yah dengan sangat menyesal tidak bisa masuk Kota Ambon. Jadi harus ada ini baru bisa masuk,” tegasnya.

Walikota dua periode ini juga menilai, alasan kenapa dua persyaratan itu diwajibkan bagi pelaku perjalanan dari luar Ambon, karena vaksinasi masal dilakukan TNI/Polri beberapa waktu lalu dan mengikutsertakan semua warga dalam pulau Ambon.

“Kan, dari TNI itu melaksanakan vaksinasi massal, juga mengikutsertakan warga dari dua kecamatan itu. Makanya harus ada dua persyaratan ini, baru bisa masuk Ambon,” pungkasnya. (IAN)

Comment