by

Potensi Bahari Desa Pesisir Perlu Didorong

Pemerintah Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon menilai, Pemerintah Kota Ambon perlu mendorong wisata bahari yang ada di desanya. Sebab, Desa Laha memiliki potensi wisata laut yang bisa dijadikan wisata.

Dimana kondisi bawah laut yang ada, hingga kini masih terjaga. Mulai dari biota laut seperti ikan maupun terumbu karang. Sehingga dirasa perlu bersama-sama menjadikan potensi tersebut bernilai ekonomi.

“Kami membutuhkan perhatian pemerintah daerah untuk bersama dengan pemerintah desa mengelola potensi alam bahari ini, menjadi tempat wisata. Itu bisa jadi sumber ekonomi juga bagi daerah,” terang Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar saat dihubungi Berita Kota Ambon, Selasa (1/6).

Menurut Fahmi, pemerintah kota bisa mulai dengan mendatangkan wisatawan dari luar. Apalagi lokasi Desa Laha yang dekat dengan Bandara Pattimura, dianggap mampu untuk memperkenalkan keunggulan baharinya.

“Dukungan pemerintah bisa dimulai dengan mendatangkan wisatawan dari lokal mau pun mancanegara. Apa lagi Laha ini dekat dengan pintu masuk yaitu bandara. Otomatis sangat berpeluang bagus untuk diperkenalkan,” usulnya.

Dijelaskan, Pemerintah Desa Laha telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mendorong pemuda Laha aktif dalam club diving yang sudah dibentuk pemerintah desa.

“Laha sudah punya club diving sendiri. Empat pemuda negeri juga sudah memiliki sertifikat diving. Kami terus dorong agar pemuda disini aktif dalam kegiatan kelautan,” ucapnya.

Club diving ini, lanjut Fahmi di kelola oleh BUMDes. Dan pihaknya berencana untuk membiayai pelatihan pemuda lain, agar bisa memiliki sertifikat.

“Kami berencana menganggarkan dana untuk keperluan club diving. Salah satunya dengan ikutsertakan pemuda ikut pelatihan dan memperoleh sertifikat diving. Dengan begitu pemuda disini bisa terbiasa dengan kegiatan bawah laut. Jika nanti ada wisatawan, kita sudah punya masyarakat yang mahir dibidang tersebut,” tutupnya. (BKA-1)

Comment